Berita Otomotif

Mengenal Fitur Lane Keep Assist di Peugeot, Berkendara Tetap Aman Saat Rasa Ngantuk Menyerang

Sepantasnya mobil premium dilengkapi fitur keselamatan aktif Lane Keep Assist. Fitur itu sudah ada di Peugeot 3008 dan 5008

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
SUV Kompak Peugeot 2008 sudah dibekali fitur keselamatan. Salah satunya adalah Lane Keep Assist 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sepantasnya mobil premium terbaru dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif. Salah satunya adalah Lane Keep Assist yang berfungsi untuk menjaga mobil melaju tetap pada lajurnya.

Adapun Fitur ini aktif jika garis jalan terlihat dengan jelas, baik itu garis putus-putus atau pun garis tanpa putus. Fitur itu sudah ada di Peugeot 3008 dan 5008. Bahkan, SUV Kompak Peugeot 2008 pun juga ikutan memiliki fitur tersebut.

“Lebih ideal di jalur yang marka jalannya jelas, karena Lane Keep Assist pada Peugeot 2008 bekerja dengan bantuan kamera yang terpasang dibalik kaca spion tengah. Kamera akan membaca sekaligus merekam garis jalan pada sisi mobil. Fitur akan aktif Jika mobil sudah berjalan beberapa detik dan kecepatan diatas  65 hingga 180 km/jam,” terang Samsudin selaku Aftersales Support Astra Peugeot, Selasa (14/6/22).

Ia menjelaskan, cara kerja fitur tersebut adalah bila mobil yang dikendarai secara tidak sadar dan mendekati garis jalan dikarenakan pengemudi tidak fokus atau mengalami kelelahan, sensor akan mengirim sinyal ke ECU Electric Steering System untuk memerintahkan motor mengoreksi setir alias pada saat bersamaan akan muncul peringatan pada Instrument Panel jika pengemudi memilih tampilan “Driving” pada menu yang terdapat di Instrument Cluster.

Adapun untuk memastikan fitur Lane Keep Assist aktif, kata dia, pada Instrument Cluster akan muncul dua gambar garis hijau menandakan fitur telah aktif. Bilamana mobil keluar lajur, salah satu garis tadi akan berubah warna, menguning. Tampilan ini tentunya juga ditentukan jika pengemudi memilih menu Driving yang terdapat di Instrument Cluster.

Baca juga: Intip Interior SUV Kompak Premium Peugeot 2008, Penuh Nuansa Kemewahan

“Pada intinya, fitur ini hanya mencegah kendaraan keluar jalur tanpa disadari oleh pengemudi. Faktor utama dalam mengemudikan kendaraan tetap pada kosenterasi pengemudi. Apalagi saat sedang berkendara di jalan tol yang potensi mengantuknya besar. Untuk itu, apabila sistem bekerja selama tiga kali mengoreksi laju, akan muncul peringatan yang memerintahkan pengemudi untuk beristirahat dahulu,” imbuh Samsudin.

Ia menambahkan, Lane Keep Assist tidak akan berfungsi jika pengemudi masih dalam konsentrasi penuh seperti menyalakan lampu tanda belok saat akan berpindah jalur dan menggerakkan setir ke arah berlawanan saat kendaraan keluar jalur walaupun tombol fitur ini diaktifkan.

Namun demikian, lanjutnya, sejatinya, fitur ini dapat dinonaktifkan, yang tak lain jika menginginkan kondisi leluasa bermanuver. Sehingga mobil dapat berpindah jalur secara leluasa meskipun tanpa menggunakan lampu indikator.

"Lane Keep Assist sendiri dapat dinonaktifkan cukup dengan menekan tombol bergambar mobil yang terdapat garis di tiap sisinya. Posisi tombol tepat terpasang di kanan bagian bawah kemudi. Dengan begitu, fitur ini secara otomatis menjadi tidak aktif," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved