Berita Mojokerto

Bung Karno Tak Bisa Dilepaskan Dari Bumi Majapahit

Soekarno, Proklamator dan Bapak Pendiri Bangsa Indonesia tak bisa dilepaskan dari Kota Mojokerto. Di sana Bung Karno pernah mengenyam pendidikan

Penulis: Mujib Anwar | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/MUJIB ANWAR
Monumen Soekarno di SDN Purwotengah yang berada di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto. Dulunya sekolah ini menjadi tempat Bung Karno kecil mengenyam pendidikan sekolah dasar di Bumi Majapahit . 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - "Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di laut yang dalam.

Barang siapa yang ingin meninggikan derajatnya, harus melalui pendidikan"

Pernyataan Bung Karno akan pentingnya pendidikan tersebut tergurat jelas di batu yang berada tepat di bawah patung Soekarno, yang ada di halaman sekolah SDN Purwotengah, Kota Mojokerto.

Keberadaan patung Bung Karno lengkap dengan 'prasasti' pernyataannya di salah satu sekolah di Kota Onde-onde itu untuk menunjukkan, bahwa Soekarno, Proklamator dan Bapak Pendiri Bangsa Indonesia tak bisa dilepaskan dari Kota Mojokerto.

Di kota yang dulunya merupakan wilayah tempat ibukota Kerajaan Majapahit inilah, Bung Karno pernah mengenyam pendidikan.

Koesno Sosrodihardjo (nama kecil Soekarno) yang lahir pada 6 Juni 1901 tercatat selama sekitar 5 tahun bersekolah di Mojokerto, yakni mulai tahun 1907 hingga 1912 .

Selama rentang waktu tersebut, masa pendadaran awal Bung Karno kecil dilakukan di Sekolah Rakyat Ongko Loro, kini Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwotengah, yang berada di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto. Pada masa penjajahan Belanda sekolah ini disebut juga Tweede Inlandsche School atau sekolah khusus anak warga pribumi.

Setelah itu, agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, Soekarno disekolahkan di Europesche Lagere School (ELS), kini SMPN 2 di Jalan Jendral A. Yani, Kota Mojokerto.

Suasana ruang kelas tempat Bung Karno pernah mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto. Bung Karno kecil dulunya bersekolah di Sekolah Rakyat Ongko Loro, kini Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwotengah, yang berada di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto.
Suasana ruang kelas tempat Soekarno pernah mengenyam pendidikan di Bumi Majapahit. Bung Karno kecil dulunya bersekolah di Sekolah Rakyat Ongko Loro, kini Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwotengah, yang berada di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto. (TRIBUNJATIM.COM)

Kepala Sekolah SDN Purwotengah, Endang Pujiastutik mengatakan, Soekarno belajar di Sekolah Ongko Loro mulai kelas 2 hingga kelas 4.

"Ini berdasarkan catatan sejarah dan penelitian dari berbagai literatur yang ada," tegasnya, Minggu (19/6/2022), didampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved