Berita Kota Batu

Ganggu Pembangunan, Kabel PLN di Pasar Induk Among Tani Kota Batu Akan Dipindah ke Dalam Tanah

Ganggu proses pembangunan, kabel PLN di proyek Pasar Induk Among Tani Kota Batu akan dipindahkan ke dalam tanah.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Proyek pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu di Zona 1 yang berdekatan dengan tiang listrik, Sabtu (25/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Agar proses pembangunan bisa berjalan maksimal, ULP PLN Kota Batu memindahkan kabel listrik yang sebelumnya tergantung di tiang dekat proyek pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, ke dalam tanah.

Pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu ditargetkan bisa diresmikan akhir tahun 2022 ini.

Pemindahan dilakukan setelah adanya persetujuan antara Pemkot Batu dengan ULP PLN Kota Batu, berupa kemudahan dalam hal pembayaran pemindahan lima tiang listrik

Manager ULP PLN Kota Batu, Dwi Sukris Widodo mengatakan, perihal pemindahan tiang listrik di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, dia menjelaskan, lima tiang listrik itu rencananya akan dipindah ke sisi barat. 

"Sesuai rencana, tiang listrik itu akan kami pindahkan ke barat. Tepatnya mendekati pasar sayur. Dengan menggunakan kabel tanam dan jaringan baru," tutur dia, Sabtu (25/6/2022).

Proses pemindahan tiang listrik sangat perlu dilakukan. Sebab mengganggu proses pembangunan pasar, karena lokasinya yang sangat berdekatan. Sehingga membahayakan bagi para pekerja karena di lokasi tersebut ada tegangan listrik sebesar 20 Kv. 

"Sesuai dengan gambar jadi Pasar Induk Among Tani, tiang listrik itu menabrak pembangunan pasar. Karena itu mau tidak mau harus dipindahkan," katanya. 

Sukris menjelaskan, setelah dipindahkan, tiang listrik yang mulanya menggunakan kabel tergantung, nantinya akan menggunakan kabel tanam yang ada di dalam tanah. Sehingga sudah tidak lagi mengganggu proses pembangunan. 

"Untuk tahapan pemindahan mulai dari persiapan, pemasangan travo, pembongkaran, kemudian penggalian kabel, pemasangan kabel dan menutupnya lagi. Untuk proses yang memakan waktu lama di tahap penggalian," tutur dia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved