Berita Kota Batu

Masjid Besar di Kota Batu Tiadakan Penyembelihan Hewan Kurban, Disarankan Potong Kurban di RPH

Seluruh masjid besar di Kota Batu direncanakan tidak akan menyelenggarakan pemotongan qurban untuk mengantisipasi potensi penularan Penyakit Mulut dan

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan sapi kepada takmir Masjid Brigjen Soegiyono, Jumat (31/7/2020). Kini masjid besar di Kota Batu tiadakan penyembelihan imbas wabah PMK. Solusinya, warga disarankan potong kurban di RPH 

TRIBUNJATIM.COM, BATU -  Seluruh masjid besar di Kota Batu direncanakan tidak akan menyelenggarakan pemotongan qurban untuk mengantisipasi potensi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

PMK memang banyak menyerang sapi perah di Kota Batu. Kondisi ini sangat merugikan bagi para peternak.

Jika ada warga yang hendak berkurban, diimbau untuk melakukan penyembelihan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

Dewanti memperkirakan hampir seluruh populasi sapi di Kota Batu sudah terpapar virus PMK. Kasus penularan kepada hewan kambing dan domba sejauh ini belum ditemukan.

''Kalau kambing tidak ada masalah tetapi tetap harus ada surat keterangan sehat dari dokter hewan. Nanti yang jelas masjid-masjid besar tidak menyediakan tempat penyembelihan kurban,'' tegas Dewanti, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Mati Terserang PMK, Ribuan Sapi di Malang Barat Dikubur Massal, Lambatnya Penanganan Jadi Sorotan

Pemotongan kurban di RPH menjadi solusi, selain tempatnya aman, pengawasannya juga mudah. Meski begitu, pemotongan kambing secara mandiri, tidak di masjid bisa dilakukan warga.

Pemotongan tersebut harus mengikuti protokol, utamanya untuk memastikan bahwa hewan yang akan diqurbankan betul-betul sehat.

''Pastikan hewan kurbannya sehat tapi sebisa mungkin lebih baik di RPH saja,'' tegasnya.

Sudah ada 92 titik di Kota Batu yang menjadi lokasi pemotongan hewan. Di sisi lain, lokasi penjualan hewan dibatasi antaranya di Kelurahan Temas, Sisir, Ngaglik, Desa Sidomulyo, Oro-Oro Ombo, Telekung dan Pasar Hewan Patok.

Diungkapkan Kabid Peternakan dari Dispertan Kota Batu, Sri Nurcahyani Rahayu, tempat penjualan hewan akan diawasi cara ketat. Petugas juga akan melakukan disinfektan di lokasi.

Baca juga: Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Rp100 Juta, Warga Probolinggo Untung Besar, Dulu Belinya Belasan Juta

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved