Berita Bojonegoro

BPJAMSOSTEK Bojonegoro Serahkan Santunan Jaminan Kematian Rp 42 Juta ke Peserta GN Lingkaran

BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro menyerahkan santunan program Jaminan Kematian (JKM) Rp 42 juta kepada ahli waris peserta GN Lingkaran.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro ketika menyerahkan santunan program Jaminan Kematian (JKM) Rp 42 juta kepada ahli waris peserta GN Lingkaran, Kamis (7/7/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan manfaat Program Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Sumini, seorang pedagang kantin yang meninggal dunia.

Manfaat program JKM sebesar sebesar Rp 42 juta diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan / BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Iman M Amin, dan Direktur Utama PT Rukun Jaya Makmur Mps Padangan Bojonegoro, Pudjo Sutrisno, Kamis (7/7/2022).

Sumini semasa hidupnya terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang kepesertaannya didaftarkan PT Rukun Jaya Makmur melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan ( GN Lingkaran ).

Iman M Amin mengatakan, program GN Lingkaran ditujukan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan.

"Saya mengapresiasi PT Rukun Jaya Makmur, karena sudah peduli menyisihkan dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) untuk memberikan perlindungan pekerja rentan di lingkungan PT Rukun Jaya Makmur," ujarnya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Bojonegoro Sosialisasikan Program Sektor Informal ke Pengrajin UMKM

Menurutnya, program perlindungan bagi pekerja rentan diantaranya terhadap Almarhumah Sumini ini berjalan atas komunikasi yang baik antara BPJAMSOSTEK dengan pembina perusahaan selaku Account Representative (AR) Setiawan Saputra dengan Pimpinan PT Rukun Jaya Makmur yang sudah mengedukasi program GN Lingkaran sejak Juni 2021.

Pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) sebagian tergolong rentan yang penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari. Sehingga BPJAMSOSTEK hadir memberikan sistem yang mempertemukan donatur dan pekerja rentan melalui program GN Lingkaran.

Iman berharap program GN Lingkaran juga diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan lain di Bojonegoro dengan memberikan dana CSR untuk perlindungan jaminan sosial bagi pekerja rentan di lingkungannya. Perlindungan bagi mereka berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), preminya hanya Rp16.800 per orang/bulan.

“BPJS Ketenagakerjaan memiliki misi melindungi, melayani dan mensejahterakan pekerja dan keluarganya," tegasnya.

Baca juga: Tak Patuhi Aturan, Perusahaan Pemberi Kerja Kena Sidak BPJS Ketenagakerjaan dan DPMPTSP Jawa Timur

Dengan program dasar perlindungan itu, jika pekerja yang didaftarkan mengalami kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis ditanggung penuh tanpa batas oleh BPJAMSOSTEK. Juga, diberikan uang pengganti Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved