Pentingnya Bukti Transaksi Untuk Laporan Keuangan

Setiap transaksi seseorang menerima selembar kertas yang jadi bukti telah membayar barang tertentu. Untuk laporan keuangan bukti transaksi penting.

Editor: Taufiqur Rohman
istimewa/net
Ilustrasi - struk transaksi sangat penting sebagai bukti transaksi untuk laporan keuangan . 

TRIBUNJATIM.COM - Dalam setiap transaksi biasanya seseorang akan menerima selembar kertas yang menjadi bukti bahwa kamu telah membayar untuk barang tertentu. Lantas apa sih pengertian dari bukti transaksi dan manfaat dari kertas struk tersebut.

Apa itu Bukti Transaksi?

Bukti transaksi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang menyebabkan perubahan harta atau keuangan yang dimiliki. Misalnya, menjual properti, membeli aset, membayar hutang, dan membayar berbagai biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam transaksi terdapat manajemen transaksi. Yang dimaksud dengan manajemen di sini adalah kegiatan mencatat perubahan keuangan seseorang atau organisasi yang dilakukan dengan cermat dan menggunakan cara-cara tertentu.

Tujuan Bukti Transaksi

Tujuannya untuk memudahkan pencatatan semua transaksi yang terjadi. Dan bagian kedua (sub atau bonggol kwintasi) ditangani oleh penjual. Tujuannya agar bisa digunakan sebagai bukti penerimaan uang.

Memahami Bukti Transaksi

Bukti transaksi adalah surat atau dokumentasi yang menyatakan bahwa seseorang, lembaga atau perusahaan memiliki dana (uang) yang cukup untuk menyelesaikan suatu transaksi.

Bukti transaksi biasanya dikeluarkan oleh bank komersial atau lembaga escrow untuk memberikan kepercayaan atau jaminan kepada pihak lain, biasanya penjual, bahwa orang atau badan yang bersangkutan memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan transaksi pembelian yang disepakati.

Fungsi Bukti Transaksi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved