Berita Nganjuk

Hewan Kurban di Nganjuk Dipastikan Sehat, Distan: Kantongi Surat Keterangan Bebas PMK

Hewan kurban di Nganjuk dipastikan sehat dan dagingnya aman dikonsumsi, Distan: Kantongi surat keterangan sehat bebas PMK.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyerahkan enam ekor sapi dan dua ekor kambing ke sejumlah masjid di Nganjuk, sebagai hewan kurban dari Pemkab Nganjuk pada Hari Raya Idul Adha 2022. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Semua hewan kurban di Nganjuk dipastikan sehat dan dagingnya aman dikonsumsi.

Hal itu setelah Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Nganjuk telah melakukan pemeriksaan terhadap semua hewan ternak untuk kurban, dan sudah mendapatkan surat keterangan sehat, bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Distan Kabupaten Nganjuk, Judi Ernanto mengatakan, kewajiban menyertakan surat keterangan sehat pada hewan kurban telah direspons para pedagang hewan. Umumnya mereka tidak ingin hewan kurban yang dijualbelikan mengidap PMK.

"Makanya, para pedagang ataupun pemilik hewan ternak untuk kurban memeriksakan kesehatan hewan ternaknya sebelum dijual ke masyarakat," kata Judi Ernanto, Sabtu (9/7/2022).

Dikatakan Judi Ernanto, masyarakat Kabupaten Nganjuk pada umumnya juga cukup hati-hati dalam membeli hewan kurban, terutama untuk hewan sapi. Mereka selalu mempertanyakan surat kesehatan hewan.

"Untuk itulah, kesadaran pemilik dan pedagang hewan ternak untuk kurban cukup tinggi. Yakni dengan memeriksakan kesehatan hewan kurban dan meminta surat keterangan sehat dari PMK," ucap Judi Ernanto.

Sementara itu, pada Hari Raya Idul Adha 2022 ini, Pemkab Nganjuk menyerahkan sebanyak enam ekor sapi dan dua ekor kambing kurban kepada masyarakat. Hewan kurban itu diserahkan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi ke Rutan Kelas IIB Nganjuk, Masjid Jami' Baitussalam Nganjuk, Masjid Al Mubarok Berbek, Masjid Agung Nurul Huda Tanjunganom, dan Kantor PCNU Kabupaten Nganjuk.

"Semoga kurban tersebut mendatangkan berkah dan memberikan manfaat buat semuanya," tutur Marhaen Djumadi usai menyerahkan hewan kurban di Masjid Jami' Baitussalam Nganjuk.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved