Berita Jatim

Momentum Peringatan Harkopnas, Politisi PDIP Sebut Kebangkitan Ekonomi Bisa Manfaatkan Koperasi

Sri Untari Bisowarno, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim menyebut kebangkita ekonomi dapat memanfaatkan koperasi

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Sri Untari, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim saat ditemui di Surabaya, Selasa (30/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Upaya kebangkitan sektor ekonomi setelah hantaman pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir, di antaranya dapat dilakukan dengan memanfaatkan koperasi. Sebab, koperasi memiliki jaringan yang luar biasa dan juga luas.

Demikian disampaikan Sri Untari Bisowarno, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam momentum Hari Koperasi 2022. Untuk upaya Jatim Bangkit, juga dapat memanfaatkan koperasi.

"Saya kira sangat bisa koperasi digunakan untuk membangkitkan ekonomi. Karena, sesungguhnya koperasi sangat lentur, luas dan mendalam. Bisa dimasuki untuk kepentingan membangun ekonomi," ucap Sri Untari, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya, upaya itu juga bisa dilakukan lewat penguatan dana bergulir sembari pemerintah terus melakukan pembinaan kelembagaan bagi koperasi yang terpercaya dan sehat. Hal ini ditegaskan Untari penting dilakukan.

Apalagi wabah virus juga berdampak pada masyarakat kecil, dan koperasi juga bisa masuk pada sektor itu. "Jadi, dalam masa Covid-19 seperti ini sangat tepat kalau pemerintah menggandeng koperasi untuk menangani ini," jelas politisi asal Malang tersebut.

Baca juga: Kembangkan Potensi Ekraf, Pemkab Nganjuk Mulai Penataan Pelaku Ekonomi Kreatif 

Disisi lain, Untari menyambut baik ajakan pemerintah untuk berkoperasi sebagaimana tagline yang diusung tahun ini agar koperasi menjadi mainstream ekonomi. Sekalipun demikian, sebagai bentuk refleksi, Untari juga mengajak seluruh pelaku koperasi untuk kembali pada jati diri.

"Itu yang selalu saya tekankan kepada semua koperasi di Indonesia. Ayo kembali ke jati diri kita, bagaimana menjalankan koperasi berdasarkan, nilai dan prinsip," tuntas Untari.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved