Berita Jember

Kencong Kota Tua Gelar Pasar Budaya Tempo Dulu di Kampung Londo, Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Komunitas Kencong Kota Tua gelar Pasar Budaya Tempo Dulu di Kampung Londo untuk mmebangkitkan ekonomi kerakyatan. Kegiatan digelar selama dua hari.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Komunitas Kencong Kota Tua menggelar kegiatan Pasar Budaya Tempo Dulu, di bekas Pabrik Gula PTPN XI Gunungsari Kencong Jember selama dua hari, yakni Sabtu (16/7/2022) dan Minggu (17/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Komunitas Kencong Kota Tua menggelar kegiatan Pasar Budaya Tempo Dulu, di bekas Pabrik Gula PTPN XI Gunungsari Kencong Jember selama dua hari, yakni Sabtu (16/7/2022) dan Minggu (17/7/2022).

Kawasan tersebut disebut juga Kampung Londo Kencong Kota Tua, oleh Komunitas Kencong Kota Tua.  

Ketua Komunitas Kencong Kota Tua, Ulum Pitix mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam bentuk pasar budaya itu digelar sebagai upaya menghidupkan ekonomi kerakyatan di Kecamatan Kencong, setelah dua tahun lebih dilanda pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah setelah cukup lama terhenti, kini kegiatan bisa digelar kembali di Kampung Londo PTPN XI Gunungsari Kencong. Kegiatan ini kami laksanakan bersama untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan membuat market place bagi rakyat," ujar Ulum, Sabtu (16/7/2022).

Komunitas Kencong Kota Tua menggandeng sejumlah komunitas seperti Komunitas Perupa Jember, juga mahasiswa Institut Agama Islam Al-Falah As Sunniyah (Inaifas) Kencong, dan sejumlah pelaku UMKM di Kecamatan Kencong.

Beberapa kegiatan digelar seperti bazar UMKM, melukis on the spot, aneka lomba, pameran lukisan, juga karnaval bertema zaman dulu.  

"Ada bazar UMKM dan juga melukis on the spot, atau melukis di lokasi pasar budaya. Objek yang dilukis adalah lokasi heritage Kampung Londo, yakni bekas pabruk gula di zaman Belanda," imbuh Ulum.

Lokasi heritage dipilih sebagai lokasi Pasar Budaya Tempo Dulu, sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Komunitas Kencong Kota Tua ingin semakin mengenalkan kawasan tersebut, sebagai salah satu kawasan heritage, peninggalan era Belanda.

Kawasan rindang yang berada di sekitar bangunan bekas pabrik gula itu dipakai sebagai lokasi bazar, dan aneka kegiatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved