Penangkapan DPO Pencabulan Jombang

Sidang Perdana Mas Bechi Anak Kiai Jombang, 405 Personel Bersiaga di Pengadilan Negeri Surabaya

Sidang perdana Mas Bechi anak kiai Jombang terdakwa kasus pencabulan santri putri, 405 personel bersiaga di Pengadilan Negeri Surabaya.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Luhur Pambudi
Suasana depan Kantor Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (18/7/2022). Sekitar 405 anggota kepolisian dari jajaran Polrestabes Surabaya mengamankan jalannya sidang perdana Moch Subchi Al Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (41) anak kiai Jombang terdakwa kasus pencabulan santri putri. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sidang perdana Moch Subchi Al Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (41) anak kiai Jombang terdakwa kasus pencabulan santri putri digelar di Kantor Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (18/7/2022).

Sekitar 405 anggota kepolisian dari jajaran Polrestabes Surabaya tampak bersiaga mengamankan di lokasi.

Pantauan TribunJatim.com di lokasi, anggota kepolisian yang berjaga dibagi dua bagian. Ada yang berjaga di area halaman utama Kantor Pengadilan Negeri Surabaya

Dan, ada juga yang tampak berjaga di depan pagar utama kantor. Bahkan sebuah truk water canon dari Satsabhara Polrestabes Surabaya juga telah diparkir di depan Kantor Pengadilan Negeri Surabaya

Namun sejauh mata memandang, belum terpantau adanya potensi kedatangan massa dari pendukung Mas Bechi

Arus lalu lintas di depan Kantor Pengadilan Negeri Surabaya berjalan normal, ramai lancar. Tidak terpantau adanya upaya rekayasa lalu lintas yang biasa diterapkan selama melakukan pengamanan sidang dengan potensi kerawanan tertentu. 

"Kita melakukan antisipasi pengamanan 405 personel, dari BKO atau Ditsamapta Polda Jatim. Kita bagi ring 1, 2, dan 3," ujar Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Toni Kasmiri pada awak media di lokasi, Senin (18/7/2022).

Informasinya, nomor perkara 1361/Pid.B/2022/PN.Sby, dengan nama terdakwa, M Subchi Azal alias Mas Bechi Bin Much Muchtar Muthi, akan menjalani sidang pertama pada Senin (18/7/2022) di Kantor Pengadilan Negeri Surabaya

Sidang pertama tersebut, beragendakan pembacaan dakwaan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 285 KUHP Jo Pasal 65 KUHP. Namun, pelaksanaan sidang tersebut, diagendakan secara tertutup. 

Pelaksanaan sidang akan dipimpin oleh Majelis Hakim, meliputi Hakim Ketua Sutrisno, Hakim anggota Titik Budi Winarti, dan Hakim Khadwanto. Sedangkan Panitera Pengganti, Achmad Fajarisman. 

"Belum ada perubahan hari ini," ujar Humas Pengadilan Negeri Surabaya, Suparno, saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Senin (18/7/2022). 

Sebelumnya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, pihaknya tetap akan menyiagakan pasukan selama proses persidangan terhadap putra kiai Jombang, MSAT atau Mas Bechi (41) tersangka kasus pencabulan santri putri.

"Polisi akan mem-backup pelaksanaan sidang pengamanan maupun sampai nanti proses pelaksanaan sidang selesai. Kami berkoordinasi dengan JPU dan juga permohonan dan permintaan dari pengadilan," katanya, di Mapolda Jatim, Senin (11/7/2022) kemarin. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved