Berita Kabupaten Madiun

Pendaftaran Berjalan 4 Hari, Baru Partai Demokrat yang Datang ke Help Desk KPU Kabupaten Madiun

Pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 sudah berjalan 4 hari, namun baru Partai Demokrat yang datang ke help desk KPU Kabupaten Madiun.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Ketua KPU Kabupaten Madiun, Ali Nur Wahyudi bersama Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Madiun, Zaim Mahmudi saat ditemui di KPU Kabupaten Madiun, Kecamatan Geger, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Help desk pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024 telah dibuka.

Help desk tersebut dibuka KPU Kabupaten Madiun bersamaan dengan pendaftaran partai politik di KPU pusat, yaitu mulai tanggal 1-14 Agustus 2022.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Madiun, Jumangin mengatakan, pembukaan help desk ini merupakan instruksi dari KPU RI untuk seluruh KPU kabupaten/kota.

"Tujuannya untuk partai-partai yang mau komunikasi seputar verifikasi administrasi pendaftaran, barang kali mau konsultasi maka kita fasilitasi," kata Jumangin, Kamis (4/8/2022).

Baik partai lama maupun partai baru, KPU Kabupaten Madiun membuka ruang seluas-luasnya, mengingat tahapan verifikasi administrasi akan langsung dilakukan oleh KPU usai pendaftaran.

"Semenjak kita buka sampai saat ini, baru Partai Demokrat yang datang ke help desk, walaupun ada sejumlah partai baru yang sudah audiensi sebelum help desk dibuka," lanjutnya.

Audiensi itupun, lanjut Jumangin hanya sebatas pemberitahuan keberadaan kepengurusan partai tersebut di Kabupaten Madiun.

"Sebenarnya tidak konsultasi juga tidak apa-apa, karena pendaftaran pun sekarang difokuskan di KPU RI, jadi tidak masalah," terangnya.

Lebih lanjut Jumangin mengatakan, KPU Kabupaten Madiun akan melakukan verifikasi faktual kepada partai politik yang belum lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved