Berita Kabupaten Mojokerto

Gelar Ruwat Pasar, Bupati Ikfina Fahmawati Ajak Warga Berkunjung ke Pasar Rakyat Trowulan Mojokerto

Gelar ruwat pasar dan seni tradisional bantengan, Bupati Ikfina Fahmawati ajak masyarakat berkunjung ke Pasar Rakyat Trowulan Mojokerto.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Mohammad Romadoni
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat kegiatan ruwat pasar dan seni untuk membangkitkan perekonomian di Pasar Rakyat Trowulan, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Perekonomian di Pasar Rakyat Trowulan dibangkitkan kembali oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mojokerto.

Berbagai cara dilakukan, satu di antaranya dengan melakukan ruwat pasar dan seni tradisional bantengan di halaman Pasar Rakyat Trowulan, Minggu (7/8/2022).

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama Kepala Disperindag Mojokerto, Iwan Abdillah terjun langsung untuk turut meramaikan pasar rakyat tersebut.

Dalam prosesi ruwat pasar ini, menyatukan tanah yang diambil dari tujuh pasar, yakni
Pasar Raya Mojosari, Pasar Niaga Mojosari, Pasar Kutorejo, Pasar Dlanggu, Pasar Pohjejer, Pasar Kedungmaling dan Pasar Gempolkerep.

Tak hanya itu, Ikfina Fahmawati juga memberikan penamaan pohon tanjung dan pohon mojo yang disiram menggunakan tiga sumber air dari Petirtaan Jolotundo, sumber panguripan Desa Pakis dan air kolam segaran Trowulan.

Ikfina menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah daerah yang sekaligus melibatkan seni budaya kearifan lokal untuk membangkitkan perekonomian di Pasar Rakyat Trowulan.

"Saya minta tolong masyarakat semua, karena yang membuat pasar bisa ramai adalah kita semua, silakan yang punya jualan apa saja jualan di sini dan yang mau beli apa saja ke sini, dengan begitu pasar ini otomatis akan menjadi ramai," ungkapnya, Minggu (7/8/2022).

Ia mengatakan, perlu sinergitas dan masyarakat untuk pemulihan ekonomi segera terwujud, terutama meramaikan pasar rakyat di Trowulan.

"Mari kita bersama-sama bergotong royong, kita bekerja bersama-sama mengupayakan kegiatan-kegiatan ekonomi kita segera bisa berjalan dengan baik," ucap Ikfina Fahmawati.

Pihaknya berharap, masyarakat turut meramaikan dengan berkunjung di pasar rakyat dan tetap patuh protokol kesehatan, menjaga kesehatan, lantaran Kabupaten Mojokerto masih masuk PPKM level satu.

"Saya minta tolong semuanya harus sehat, pasar ramai kalau masyarakatnya tidak sehat tidak ada gunanya, pasar ramai produktivitas ekonomi meningkat, syaratnya kalian semuanya harus sehat," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Mojokerto

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved