Berita Jombang

Jelang Peresmian RS Hasyim Asyari, Unhasy Jombang Dapat Tantangan Baru Dirikan Fakultas Kedokteran

Jelang peresmian RS Hasyim Asyari, Unhasy Jombang mendapatkan tantangan baru untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

Penulis: Aqwamit Torik | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Seminar nasional bertajuk Unhasy Reborn di Gedung Yusuf Hasim Lantai 3 Pesantren Tebuireng Jombang, Sabtu (6/8/2022). Jelang peresmian RS Hasyim Asyari, Unhasy Jombang mendapatkan tantangan baru untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Torik

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Menjelang hadirnya Rumah Sakit (RS) Hasyim Asyari yang akan diresmikan, Universitas Hasyim Asyari (Unhasy) Jombang mendapat tantangan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Unhasy Jombang, dr KH Umar Wahid memberikan tantangan tersebut kepada Unhasy saat menghadiri seminar nasional bertajuk Unhasy Reborn di Gedung Yusuf Hasim Lantai 3 Pesantren Tebuireng Jombang, Sabtu (6/8/2022).

Bahkan tantangan ini juga disambut dengan rencana dokter Terawan yang berniat bekerja sama dengan Tebuireng Jombang.

“Tetapi Allah berkata lain, Gus Sholah meninggal dan tetap berlanjut dengan saya,” ungkap dr Umar.

Ia mengaku ingin menantang Rektor Unhasy Prof Dr Haris Supratno agar mendirikan Fakultas Kedokteran.

“Saya menantang Pak Rektor (Prof Dr Haris Supratno), apakah Unhasy 6-7 tahun ke depan dapat mendirikan Fakultas Kedokteran,” tegasnya.

Diketahui dalam seminar itu juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Unhasy, Prof Dr Imam Suprayogo, serta Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin.

Hadir pula Rektor Unhasy, Prof Dr Haris Supratno, Wakil Rektor II Unhasy, Drs M Muhsin Ks Mag, serta Ketua Presidium Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete), Prof Dr Masykuri Bakri.

Sementara itu, adanya RS Hasyim Asyari ini membuat Unhasy dituntut untuk lebih maju dan berkembang dengan adanya kolaborasi agama, kesehatan dan kewirausahaan.

Seperti yang diketahui, Unhasy memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Informasi.

“Pada tahun-tahun berikutnya, semoga Unhasy dapat membuka Fakultas Kedokteran yang nantinya akan bersinergi dengan RS Hasyim Asyari, menjadikan pesantren tidak hanya berbasis agama melainkan kesehatan dan ilmu umum,” paparnya.

dr Umar menjelaskan kesehatan sangat dibutuhkan, khususnya di Jombang, di sisi lain, pendidikan kesehatan di Jombang cukup populer namun hanya beberapa perguruan tinggi saja yang sudah tersedia.

“Dengan kurangnya wadah tersebut, Pesantren Tebuireng dan Unhasy berkolaborasi membuka Fakultas Kedokteran Umum yang berada di wilayah Jombang,” tandas dr Umar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved