Berita Banyuwangi

Melalui Fish Market Festival, Bupati Ipuk Fiestiandani Dorong Diversifikasi Usaha Nelayan Banyuwangi

Melalui Fish Market Festival, Bupati Ipuk Fiestiandani mendorong diversifikasi usaha nelayan Banyuwangi. Tak hanya bergantung hasil penjualan ikan.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Untuk mengangkat potensi perikanannya, Pemkab Banyuwangi menggelar Fish Market Festival di kawasan nelayan Kampung Mandar, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Untuk mengangkat potensi perikanannya, Pemkab Banyuwangi menggelar Fish Market Festival di kawasan nelayan Kampung Mandar, Senin (8/8/2022).

Festival tersebut sekaligus mendorong para keluarga nelayan melakukan diversifikasi usaha guna meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga.

Festival yang dibuka oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani ini berlangsung meriah. Kampung nelayan yang berada tak jauh dari Pantai Boom Marina ini ramai dikunjungi warga.

Di sepanjang areal, pengunjung bisa berbelanja berbagai jenis ikan segar, hingga mencicipi aneka olahan ikan yang bisa dipesan langsung di lokasi.

Ipuk Fiestiandani mengatakan, diversifikasi usaha menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi keluarga nelayan di masa pandemi Covid-19.

“Selain melaut, nelayan kami dorong untuk mencari celah usaha yang lain, sehingga tidak hanya bergantung dari hasil penjualan ikan, melainkan juga ada sumber pendapatan lain,” kata Ipuk Fiestiandani.

Diversifikasi usaha, lanjut Ipuk Fiestiandani, bisa dilakukan dengan melibatkan peran wanita nelayan. Ibu-ibu nelayan bisa diberdayakan untuk melakukan hilirisasi perikanan dengan mengolah ikan menjadi berbagai produk turunannya. Seperti nugget, abon, bakso dan masih banyak lainnya.

“Jadi tidak hanya mengurus rumah tangga, ibu-ibu juga dapat mengembangkan potensinya membantu perekonomian keluarga. Seperti yang ada di stan-stan fish market sekarang,” kata Ipuk Fiestiandani.  

Dalam Fish Market Festival tersebut, pengunjung juga disuguhkan stan-stan produk olahan ikan dan komoditas laut lainnya. Mulai dari kerupuk ikan, abon, sambal cumi, rengginang ikan, kerupuk cumi, kue stick rumput laut, sirup rumput laut, dodol rumput laut, rambak patin, dan widaran ikan tengiri. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved