Berita Surabaya

42 Jemaah Haji di Jatim Terkonfirmasi Positif Covid-19, Ada 3 Orang yang Masih Dirawat di Arab Saudi

Berikut update perkembangan terbaru jumlah jemaah haji yang terkonfirmasi positif Covid 19. total jumlah jemaah yang terpapar Covid 19 capai 42 orang

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/ Fikri Firmansyah
ILUSTRASI - Sejumlah 449 penumpang, terdiri dari 445 calon jemaah haji yang berasal dari Kota Tuban dan Bojonegoro dan 4 personil petugas haji berangkat dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah. Sabtu (4/6/2022). Terkait kasus Covid-19, ada 42 jemaah haji di Jatim yang terkonfirmasi positif, sementara ada 3 yang dirawat di Arab Saudi 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Febrianto Ramadani

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berikut update perkembangan terbaru jumlah jemaah haji yang terkonfirmasi positif Covid 19.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Debarkasi Surabaya, sekaligus Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim, Abdul Haris.

Dia memaparkan, selama gelombang 1 sampai gelombang kedua, total jumlah jemaah yang terpapar Covid 19 mencapai 42 orang.

"Gelombang pertama relatif banyak, ada 36 jemaah dari 20 kloter. Gelombang kedua dari kloter 21 sampai kloter 36, sebanyak 6 orang," ujar Haris, Kamis (11/8/2022).

Cara penanganan, lanjut Haris, sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan baik PPIH maupun BPBD Jawa Timur, jemaah haji dipulangkan dengan kendaraan biasa yang sudah disiapkan oleh BPBD. 

"Mereka yang terkonfirmasi adalah Orang Tanpa Gejala. Mereka dikembalikan ke kabupaten kota masing masing," paparnya.

Baca juga: Cerita Jemaah Haji Tulungagung Masih Tertinggal di Tanah Suci, Petugas: Belum Layak Dibawa Pulang

"Jemaah yang sebelumnya positif Covid 19 lalu isolasi di daerah masing masing sudah pulih dan tidak ada masalah," lanjut Haris.

Haris juga menambahkan, masih ada 3 orang yang sampai sekarang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Mereka berasal dari kloter 9, kloter 23, dan kloter 36. Mudah mudahan segera sembuh dan bisa pulang ke Indonesia," ujarnya, 

Para jemaah tersebut, kata dia, dirawat karena beberapa sebab. Haris berharap, mudah mudahan mereka semua bisa dipulangkan. Kalau belum pulih maka akan ditindaklanjuti oleh Kantor Urusan Haji Arab Saudi. 

"Jika sudah sembuh maka akan diantar pulang ke tanah air," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved