Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 Desa Wisata, Termasuk Malang

Adira Finance dan Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 desa wisata, salah satunya di Malang Jawa Timur.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan Kemenparekraf RI menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 di desa wisata. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang ketiga kalinya.

Mengangkat tema “Desa Wisata Ramah Berkendara,” Festival Kreatif Lokal 2022 akan diadakan di lima desa wisata di wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ke-3 Festival Kreatif Lokal diadakan yang ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi Covid-19 dan terus maju,” kata Sandiaga Uno pada acara Press Conference Festival Kreatif Lokal 2022 yang digelar di Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Bali, Jumat (12/8/2022).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, mengatakan, Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM.

Hal tersebut sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga untuk mensukseskan tujuan tersebut, maka perlu untuk terus menjalin kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI.

Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-32 Adira Finance yang jatuh pada 13 November mendatang, Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Mengusung tema tersebut, Adira Finance bersama Kemenparekraf RI mengadakan Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 desa wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung, seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia, serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, di antaranya Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Dikatakannya pula, rangkaian Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi, pertama ada Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value. Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima desa wisata.

Kedua, jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara adalah kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif desa wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

"Ketiga, Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah desa wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan," jelas Dewa Made Susila.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved