Berita Pasuruan

Semarak Hari Pramuka ke-61, Kwartir Ranting Purwodadi Gelar Jambore dan Kirab Budaya

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Purwodadi menggelar jambore dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61, Minggu (14/8/2022).

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Semarak Hari Pramuka ke-61, Kwartir Ranting Purwodadi Gelar Jambore dan Kirab Budaya 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Purwodadi menggelar jambore dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61, Minggu (14/8/2022).

Jambore yang diikuti ratusan peserta ini dipusatkan di Buper, Lapangan Pucangsari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Purwodadi Sugiarto mengatakan, ada dua agenda yang dilakukannya dalam peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini.

Pertama, jambore dan kedua adalah kirab budaya. Ia bersyukur dua agenda besar Kwartir Ranting Pramuka Purwodadi ini berjalan lancar dan optimal.

Menurut dia, dua agenda besar ini sesuai dengan semangat tema hari pramuka tahun ini, yakni "Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".

"Allhamdulillah kami melaksanakan peringatan hari pramuka dengan baik, mudah - mudahan, dua kegiatan ini memberi manfaat dan semangat adik - adik," katanya.

Baca juga: Lokasi Pramuka di Bojonegoro Diterjang Angin Kencang, Puluhan Tenda Peserta Siswa Porak-poranda

Dia mengatakan, dalam jambore ini, pihaknya mengajak adik - adik penggalang, penegak , pandega untuk menunjukkan kreasi dan inovasinya.

Sedangkan untuk kirab budaya, kata dia, untuk menumbuh kembangkan cinta tanah air, agar adik - adik tidak kehilangan kesenian budaya bangsa indonesia.

Sekadar informasi, dalam kirab budaya, ratusan peserta yang sebelumnya mengikuti apel upacari peringatan hari pramuka mendadak berubah.

Mereka mengenakan pakaian adat nusantara. Ada beberapa pakaian adat yang digunakan seperti adat Jawa, papua, sunda, dan beberapa daerah lainnya.

Acara meriah karena peserta mengelilingi desa Pucangsari memamerkan pakaian adat yang dikenakan para peserta. Acara ini menerapkan protokol kesehatan ketat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved