Berita Jatim

Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, DPRD Jatim: Optimisme Harus Terjaga dan Gotong Royong Jadi Kunci

DPRD Jatim mengajak seluruh elemen bangsa tetap optimistis ditengah situasi yang tidak menentu lantaran pengaruh kondisi global.

TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Suasana Rapat Paripurna DPRD Jatim dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT RI ke-77, Selasa (16/8). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur (DPRD Jatim) mengajak seluruh elemen bangsa tetap optimistis di tengah situasi yang tidak menentu lantaran pengaruh kondisi global. 

Dengan gotong royong dan kebersamaan hal itu menjadi modal dasar untuk mengatasi berbagai problem. Bangsa Indonesia diyakini dapat lolos dari ancaman resesi yang dihadapi negara-negara di dunia. 

Ini disampaikan Ketua DPRD Jatim Kusnadi seusai rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT RI ke-77, Selasa (16/8). 

Rapat paripurna itu dihadiri oleh jajaran pimpinan, Gubernur dan Wakil Gubernur serta forkopimda Jatim. 

Dalam pidato Presiden yang disiarkan secara daring dari Sidang Tahunan MPR RI itu, Kusnadi menangkap pesan optimistis. 

"Bahwa kita harus optimis, walaupun kita menghadapi kondisi ekonomi secara global yang mengkhawatirkan tetapi Indonesia hingga saat ini masih juga berada pada posisi yang positif," katanya. 

Kondisi ekonomi bangsa Indonesia, saat ini masih tumbuh positif. Padahal banyak negara telah menghadapi ancaman resesi. Namun, Indonesia dengan segala kekayaan dan potensinya diyakini bisa menghadapi ancaman global tersebut. 

Apalagi, Indonesia sejak tahun 1999 telah memperkuat ketahanan pangan. Berbagai potensi ancaman memang harus diantisipasi. 

Sekalipun demikian, Kusnadi menyebut hal itu bukan berarti harus pesimis. Justru, dalam situasi saat ini optimisme harus terjaga. 

Salah satu kunci pentingnya adalah memastikan semangat gotong royong dan kebersamaan. "Pesan Presiden, mari kita tetap jaga kegotongroyongan, kebersamaan kita," ucap politisi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim tersebut. 

Kondisi Jawa Timur pun disebut Kusnadi juga masih relatif stabil. Sekalipun, dia tak memungkiri memang beberapa persoalan seperti kenaikan harga dan semacamnya menjadi keluhan. Namun kondisi ini juga hampir dirasakan masyarakat di negara lain. 

"Tetapi sejatinya masyarakat kita masih stabil, Jawa Timur stabil," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah mengatakan optimisme memang harus terjaga. Sekalipun memang tak bisa dipungkiri ancaman kondisi ekonomi global saat ini cukup memprihatinkan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved