Berita Kota Madiun

Wali Kota Madiun Maidi Serahkan Bantuan Keuangan Partai Politik, PDI Perjuangan Dapat Terbanyak

Wali Kota Madiun Maidi menyerahkan bantuan keuangan partai politik, PDI Perjuangan dapat yang paling banyak. Diikuti dengan Partai Demokrat.

Istimewa/TribunJatim.com
Wali Kota Madiun, Maidi bersama Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Madiun, Anton Kusumo saat serah terima bantuan keuangan parpol, di Hotel Aston, Kota Madiun, Selasa (16/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Wali Kota Madiun, Maidi menyerahkan bantuan keuangan kepada partai politik di Kota Madiun, Selasa (16/8/2022).

Maidi menyebut, ada kenaikan nominal banpol (bantuan keuangan parpol) pada tahun ini sebesar Rp 2.250 per suara sah.

Jika sebelumnya per suara sah mendapatkan Rp 6.250, saat ini menjadi Rp 8.500 per suara sah. 

Kenaikan dana banpol tersebut telah disepakati oleh wali kota dan DPRD untuk dimasukkan dalam APBD 2022, dan telah disetujui juga oleh Gubernur Jawa Timur.

"Banpol juga diperiksa BPK. Maka, saya imbau dana ini digunakan sebaik-baiknya sesuai aturan," kata Maidi, di Hotel Aston, Kota Madiun, Selasa (16/8/2022).

Sesuai aturan, pembagian penggunaan dana banpol adalah 60 persen untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk operasional parpol. 

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Madiun tersebut berpesan agar parpol bisa menggunakan anggaran untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, ia juga mengapresiasi kinerja DPRD yang selama ini telah membangun sinergi yang solid bersama Pemkot Madiun untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Saya harap sinergi ini terus terjaga dan kita sama-sama bisa mewujudkan masyarakat Kota Madiun yang sejahtera," lanjutnya.

Jika dihitung berdasarkan perolehan suara sah dalam Pileg 2019 lalu, maka PDI Perjuangan mendapatkan dana banpol terbanyak.

Dengan 23.158 suara sah, PDI Perjuangan mendapatkan banpol Rp 196,8 juta, diikuti dengan Partai Demokrat yang mendapatkan 14.694 suara, sehingga mendapatkan banpol Rp 124,8 juta. 

Perindo menyusul di urutan ketiga dengan perolehan 12.800 suara, sehingga berhak mendapat banpol sebesar Rp 108,8 juta.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Madiun

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved