Berita Gresik

Antusias Puluhan Barista Ikuti Lomba Kreativitas Seduh Kopi Manual Brewing di Gresik

Para pemuda di Gresik mengikuti lomba yang berbeda dibanding pada umumnya. Yaitu kompetisi kreativitas menyeduh kopi.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/WILLY ABRAHAM
Para pemuda menjalani kreativitas menyeduh kopi di Joglo Petrokimia Gresik. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Para pemuda di Gresik mengikuti lomba yang berbeda dibanding pada umumnya. Yaitu kompetisi kreativitas menyeduh kopi

Kompetisi bertajuk "Gresik Fun Brewing Competition 2022" digagas koperasi karyawan keluarga besar Petrokimia Gresik (K3PG), Amik Cofee Shop, dan "KAUMSEDUH" Gresik. 

Lomba kreatifitas menyeduh kopi ini diikuti sebanyak 26 Barista dari berbagai wilayah di indonesia, diantaranya dari Surabaya, Jogjakarta, Jakarta dan Lombok. 

Seorang barista asal kota kembang Bandung, Iqbal Maulana keluar sebagai juara. Hasil seduhan pemuda yang menekuni usaha meracik kopi dinilai mampu menghasilkan rasa multi dimensi dan natural. 

Iqbal mengaku tertantang dengan adanya lomba ini. Selain itu dia punya motivasi untuk meningkatkan potensi diri. 

"Membangun jaringan sesama Barista sekaligus mempromosikan kopi produk petani dalam negeri," kata Iqbal, Kamis (18/8/2022). 

Baca juga: Hasilkan Warna yang Unik, Mahasiswa Petra Surabaya Olah Ampas Kopi Jadi Pewarna Alami

Sejak SMA dia meracik kopi, butuh ketelatenan, kesabaran untuk menghasilkan seduhan kopi yang enak diminum. Selain memerhatikan tekniknya, juga perlu menyiapkan bahan, seperti biji kopi dan air yang akan digunakan. 

"Sebaiknya menggunakan biji kopi yang masih segar agar kualitas kopi yang dihasilkan tidak menurun dan enak saat diminum," paparnya. 

Ketua K3PG, Awang Djohan Bakhtiar mengatakan lomba kreatifits seduh kopi ini  untuk meningkatkan kelas pelaku UMKM. Ditambah lagi Gresik memiliki ribuan Warkop dan para penikmat kopi. 

"Kami ingin memberikan ruang seluas-luasnya bagi generasi muda untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat, sekaligus menghasilkan nilai ekonomis bagi para pelaku UMKM," terangnya. 

Kabupaten Gresik sangat potensial untuk pengembangan produk Kopi, karena terdapat ribuan Warkop sehingga potensial mendongkrak nilai ekonomis.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved