Berita Probolinggo

Belasan Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Gili Ketapang Probolinggo

Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Pulau Gili Ketapang dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
Pasukan Kolatmar tengah melakukan prosesi pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut Gili Ketapang, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Pulau Gili Ketapang dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/2022). 

Tepatnya, bendera dikibarkan di kedalaman 15 meter. 

Penanggung jawab acara Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, mengatakan prosesi pengibaran bendera di bawah laut ini melibatkan 13 penyelam. 

Rinciannya ada lima personel Puslatsus Kolatmar, empat personel KSOP, empat anggota Club Merines Coral Dive Probolinggo dan warga Gili Ketapang. 

Prosesi itu dipimpin Lettu Marinir Adi Sampurno. Sebanyak satu kapal patroli KSOP, satu kapal Dinas Perikanan dan lima kapal komunitas snorkeling diterjunkan. 

"Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut ini dilaksanakan atas perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI," katanya.

Baca juga: Aksi Para Pemanjat di Jatim Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Tebing Sepikul Trenggalek

Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut berlangsung serentak di 77 titik perairan Indonesia, salah satunya di Gili Ketapang. 

Yang membanggakan, prosesi ini masuk Rekor Muri Indonesia kategori Titik Terbanyak Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut. 

"Kami merencanakan kegiatan ini dengan matang, mulai pengecekan personel sampai material. Hal itu agar sinergitas dan rasa kebersamaan dengan instansi terkait serta masyarakat dapat terbangun," paparnya. 

Di sisi lain tujuan dari kegiatan pengibaran bendera di bawah laut guna membangun kejayaan maritim, sesuai semangat dalam tema Hari Kemerdekaan "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Selain itu juga sebagai upaya menanamkan nilai-nilai patriotisme. 

"TNI Angkatan Laut dengan membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," ungkapnya. 

Kepala Desa Gili Ketapang, Munir mengatakan kehadiran pasukan marinir untuk melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut menambah meriah perayaan Hari Kemerdekaan di desanya. 

"Kegiatan sebagai bukti ketangguhan para pasukan marinir TNI AL. Mereka menyelam hingga kedalaman 15 meter untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Saya takjub," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved