Berita Blitar

Dispendukcapil Kota Blitar Mulai Perekaman KTP Digital untuk ASN, Diawali Wali Kota Blitar Santoso

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar mulai melakukan perekaman KTP digital untuk para aparatur sipil negara (ASN).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Samsul Hadi
Wali Kota Blitar, Santoso melakukan perekaman KTP digital, Senin (18/8/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar mulai melakukan perekaman KTP digital untuk para aparatur sipil negara (ASN). 

Perekaman KTP digital untuk para ASN di lingkungan Pemkot Blitar di awali oleh Wali Kota Blitar Santoso, Senin (18/8/2022). 

"Hari ini Wali Kota sudah melakukan perekaman KTP digital, ke depannya seluruh ASN di lingkungan Pemkot Blitar bisa melakukan perekaman KTP digital melalui Dispendukcapil," kata Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Muchson. 

Muchson menjelaskan KTP digital berbeda dengan KTP elektronik. KTP elektronik ada bentuk fisiknya, sedang KTP digital langsung di ponsel. 

Cara aktivasi KTP digital, yaitu, diawali dengan mendownload aplikasi di ponsel terlebih dulu. Setelah itu, memasukkan data kependudukan di aplikasi.

"Setelah memasukkan data kependudukan, Dispendukcapil akan memberikan barcode," ujarnya. 

Baca juga: Cara Membuat e-KTP Digital dengan QR Code, Lihat Syaratnya, Sudah Uji Coba di 58 Kabupaten/Kota

Menurutnya, KTP digital merupakan data KTP elektronik yang ditambah dengan data lainnya, seperti kartu keluarga (KK), NPWP, dan status vaksin. 

"Jadi, yang sudah punya KTP elektronik bisa mencetak KTP digital. Sementara ini, pencetakan KTP digital hanya untuk ASN dulu, setelah itu mahasiswa, dan masyarakat," katanya.

Wali Kota Blitar, Santoso mengimbau para ASN di lingkungan Pemkot Blitar segera merekam KTP digital di ponsel. 

Menurutnya, KTP digital akan memudahkan para ASN dalam urusan administrasi kependudukan.

"Ke depan digitalisasi KTP penting dan semua melakukan itu. Kalau sudah ada KTP digital lebih gampang dengan urusan administrasi kependudukan, kemana-mana tinggal tunjukan ponsel, termasuk naik pesawat. Datanya juga aman," kata Santoso. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved