Berita Surabaya

Siasat Sindikat Peredaran Narkoba di Surabaya, Gunakan Kemasan Teh untuk Sembunyikan 90 Kilo Sabu

Satresnarkoba Polrestabes Surabaya membongkar peredaran narkoba jaringan antar pulau dan provinsi.

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Firman Rachmanudin
Tersangka dan barang bukti kasus narkoba saat ditunjukkan polisi di Mapolrestabes Surabaya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network Firman Rachmanudin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Satresnarkoba Polrestabes Surabaya membongkar peredaran narkoba jaringan antar pulau dan provinsi.

Personel besutan AKBP Daniel Marunduri berhasil menangkap 8 tersangka dan menyita 90,7 kilogram sabu dan 13,6 kilogram ganja.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan jika dalam melancarkan aksinya, puluhan kilogram narkotika jenis sabu tersebut dibungkus dalam kemasan teh China berwana kuning dan hijau.

"Narkotika jenis sabu sebanyak ratusan bungkus ini merupakan dari Cina, jika ditimbang dengan berat keseluruhan 90 kilogram," ujar Yusep, Kamis (18/8/2022).

Yusep menjelaskan jika pengungkapan jaringan ini bermula dari penangkapan terhadap tersangka RM (38) warga Kabupaten Riau, yang diamankan di lobby salah satu hotel di Surabaya.

Baca juga: Jaringan Narkoba Internasional Dibongkar Polres Pelabuhan Tanjung Perak, 36 Kg Sabu Diamankan

"Dari penangkapan tersebut tim menemukan 5,3 Kilogram sabu yang disimpan di dalam tas jinjing milik tersangka," tambahnya.

Dari penangkapan tersebut, RM kemudian menyebut bandar diatasnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, kemudian polisi melakukan penyelidikan hingga ke wilayah Bengkulu.

Disana, kemudian anggota mengamankan AN (28) BA (27) dan AY (28) saat berada di dalam bus penumpang dengan tujuan pulau Jawa. Ketiganya merupakan warga Surabaya yang juga satu keluarga.

"Saat dilakukan penggeledahan terhadap tiga tersangka, polisi menyita 42 bungkus sabu dengan bungkus teh cina dengan seberat 43,9 Kilogram dan satu poket sabu seberat 3,70 gram," ucapnya.

Ketiganya lantas mengaku jika baru saja mendapatkan narkotika tersebut dari seseorang di Pekanbaru Riau.

"Dari hasil interogasi ketiganya, diperoleh pengakuan bahwa barang bukti tersebut baru saja diambilnya dari seseorang di sebuah hotel di Pekanbaru Riau," imbuhnya.

Tidak berhenti disitu, pada Rabu (15/06/2022) sekitar pukul 03.00 WIB, di sebuah rumah makan kota Medan, anggota Satresnarkoba ringkus dua tersangka dengan inisial AL (25) dan CH (27) kedua tersangka merupakan warga Banjarmasin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved