Berita Kediri

Di Bawah Terik Matahari, Warga Kediri Rela Antre Panjang Demi Uang Baru 2022

Penukaran uang pecahan baru emosi 2022 di Mobil Kas Keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Setono Betek, Kota Kediri disambut antusias masyarakat, Juma

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Masyarakat menukarkan uang pecahan baru di mobil kas keliling Bank Indonesia di Pasar Setono Betek, Kota Kediri, Jumat (19/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Penukaran uang pecahan baru 2022 di Mobil Kas Keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Setono Betek, Kota Kediri disambut antusias masyarakat, Jumat (19/8/2022).

Antrean panjang penukar uang baru terlihat di halaman Pasar Setono Betek. Meski di tengah terik matahari tidak mengurangi antusias warga untuk menukarkan uang pecahan baru.

Di lokasi penukaran uang baru ini, panitia hanya menyiapkan tenda kecil dan sejumlah kursi. Sehingga sebagian besar pengantre harus rela berdiri dan duduk lesehan.

Melihat antusias dari masyarakat, petugas yang semula hanya menyiapkan kuota untuk 100 orang penukar, menambah menjadi 200 orang penukar. Masyarakat yang menukar uangnya harus mengisi aplikasi Pintar. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, M Choirur Rofiq mengakui antusias masyarakat menukarkan uang pecahan baru. Sehingga pada hari pertama penukaran kuotanya ditambah dari semula hanya 100 orang menjadi 200 orang.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di Malang, Dilakukan Melalui Sistem Paket

"Kami mohon maaf, kita tenaganya terbatas, terus harus segera didistribusikan ke perbankan dan masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskan, BI Kediri telah menyiapkan uang pecahan baru senilai Rp 686 miliar. Rencananya, uang baru akan didistribusikan secara bertahap di 13 kabupaten dan kota di wilayah Bank Indonesia Kediri.

"Distribusinya secara bertahap dilakukan oleh 5 bank koordinator yang terdiri BRI, BCA, Bank Mandiri, BNI dan Bank Jatim," jelasnya.

Selanjutnya ada bank -bank lainnya di bawah koordinator 5 bank yang telah ditunjuk. Dari bank koordinator akan disebar ke semua cabang di seluruh wilayah kerja BI Kediri.

Wilayah kerja BI Kediri terdiri Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Pacitan, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Magetan dan Ngawi.

Selain di Pasar Setono Betek, penukaran uang baru di Kota Kediri melalui Mobil Kas Keliling BI akan dibuka di Pasar Grosir Ngronggo tanggal 25 Agustus dan Pasar Pahing tanggal 26 Agustus 2022.

Pelayanan melalui mobil kas keliling juga dibuka di Kabupaten Nganjuk tanggal 22 Agustus, Kabupaten Ngawi tanggal 23 Agustus dan Madiun tanggal 24 Agustus 2022.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved