Berita Madiun

Simak Lokasi dan Tanggal Penukaran Uang Kertas Baru 2022 di Kota Madiun

Bank Indonesia Kediri segera mengedarkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022. Di Kota Madiun, masyarakat bisa menukarkan uang pecahan lama dengan uang

TRIBUNJATIM.COM/Sofyan Arif Candra
Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri Clemen Tratmono Wibowo Menyerahkan Bar Code Qris untuk Pedagang Pasar Sleko Kota Madiun 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Bank Indonesia Kediri segera mengedarkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022.

Di Kota Madiun, masyarakat bisa menukarkan uang pecahan lama dengan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 di Pasar Besar Kota Madiun hari Rabu (24/8/2022) pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Setiap penukaran masyarakat dapat menukarkan uang minimal 1 paket senilai Rp 100 ribu dan maksimal lima paket senilai Rp 1 juta.

Setiap paketnya berisi uang Rp 100 ribu sebanyak 1 lembar, lalu Rp 50 ribu 1 lembar, Rp 20 ribu 1 lembar, Rp 10 ribu 1 lembar, Rp 5 ribu sebanyak 2 lembar, Rp 2 ribu sebanyak 4 lembar dan Rp 1.000 sebanyak 2 lembar.

Namun untuk memastikan tidak kehabisan, masyarakat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui laman pintar.bi.go.id.

Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri Clemen Tratmono Wibowo mengatakan uang pecahan baru emisi tahun 2022 ini tersedia mulai pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.

Baca juga: Di Bawah Terik Matahari, Warga Kediri Rela Antre Panjang Demi Uang Baru 2022

"Setiap periode tertentu BI akan mengevaluasi dan menguatkan ciri-ciri dari keaslian uang tersebut," kata Tratmono, Jumat (19/8/2022).

Penguatan keaslian tersebut ditekankan pada bahan yang lebih tahan lama, lalu corak dan ciri-ciri yang tidak mudah untuk ditiru mulai dari benang pengaman, kode tuna netra, hingga watermark atau tanda air.

"Bentuknya setiap nilai pecahan uang yang berbeda maka ukurannya juga berbeda 5 milimeter, sehingga saudara kita yang terbatas penglihatannya bisa membedakan setiap pecahan uang," lanjutnya.

Secara bertahap, BI akan menarik uang pecahan lama dan mengedarkan uang pecahan baru tersebut. Namun ia memastikan untuk uang pecahan lama masih tetap laku untuk digunakan sebagai alat transaksi.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved