Berita Nganjuk

Tingkatkan Kapasitas Anggota, KP SPAMS Berupaya Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Nganjuk

Asosiasi/Kelompok Pengelola Sanitasi Pengadiran Sedudo (KP SPAMS) Nganjuk berupaya meningkatkan kapasitas anggotanya.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, kegiatan Survei Penilaian Integritas (SPI) di lingkup Pemkab Nganjuk berjalan lancar, Selasa (9/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Asosiasi/Kelompok Pengelola Sanitasi Pengadiran Sedudo (KP SPAMS) Nganjuk berupaya meningkatkan kapasitas anggotanya.

Hal itu sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga yang setiap tahun mengalami peningkatan.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, keberadaan KP SPAMS sekarang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk.

Dimana selain membantu dalam pemenuhan kebutuhan air di Desa, juga dapat memberikan informasi dan membantu permasalahan tarkait program penyediaan air minum dan sanitasi.

"Keberadaan KP SPAMS ini sangat dibutuhkan, karena bisa membawa dampak perekonomian bagi masyarakatnya karena bisa meningkatkan PAD pada desa,” kata Marhaen Djumadi, kemarin.  

Dikatakan Marhaen Djumadi, KP SPAMS merupakan sumber pendapatan yang diperoleh Bumdes dalam meningkatkan PAD. Tahun ini Pemerintah berharap bisa mencari titik-titik sumber air lain yang bisa menghasilkan air.

"Kami akan data Desa-desa mana saja yang kesulitan air bersih, dan tahun ini ditargetkan ada enam Desa yang bisa mendapatkan bantuan Pamsimas,” ucap Marhaen Djumadi.

Untuk itu, menurut Marhaen Djumadi, peran Pemkab Nganjuk sangat diperlukan dalam penyediaan air bersih bagi warga. Dan Pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Nganjuk dan siap membantu program-program apa saja yang bisa diakses masyarakat.

"Termasuk memberikan fasilitas air bersih bagi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih terutama di musim kemarau seperti sekarang ini," ujar Marhaen Djumadi.

Sementara Ketua Asosiasi KP SPAMS Perdesaan Sedudo Kabupaten Nganjuk, Suwandi menjelaskan, sejarah perjalanan KP SPAMS Kabupaten Nganjuk cukup panjang.

Mulai dari tujuan dirintisnya KP SPAMS hingga revitalisasi menjadi Pamsimas seperti sekarang dengan memanfaatkan sumber air bersih untuk memenuhi kebetuhan masyarakat di Kabupaten Nganjuk.

"Kami memiliki peran selain membantu masyarakat juga membantu Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam pelayanan air minum dan sanitasi," tutur Suwandi. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved