Berita Kediri

Lahan Tebu Milik Warga Kediri Terbakar, Kerugian Capai Rp 100 Juta, Polisi Ungkap Penyebab

Sebuah lahan tebu di Kediri mendadak terbakar. Kerugian hingga ratusan juta rupiah. Polisi ungkap penyebabnya

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Lahan tebu milik Novianto (25) warga Dusun Tambakirang, Desa Sidowarek, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri terbakar, Selasa (23/8/2022). Meski tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun Novianto menderita kerugian material mencapai Rp 100 juta. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Nasib nahas menimpa Novianto Bayu (25) warga Dusun Tambakirang, Desa Sidowarek, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri.

Pasalnya lahan tebu milik Novianto terbakar, Selasa (23/8/2022). Meski tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun Novianto menderita kerugian material mencapai Rp 100 juta.

Kebakaran lahan tebu tersebut pertama kali diketahui oleh Sugiono, warga setempat ketika melintas. Sugiono melihat api yang membakar daun tebu di lahan tebu milik Novantio di sisi selatan dan timur.

"Melihat itu, Sugiono berusaha memadamkan api di lahan tersebut dengan peralatan seadanya," ujar Kapolsek Plemahan AKP Anwar Iskandar.

Karena kondisi cuaca panas dan daun tebu sudah kering, lanjut AKP Anwar, membuat api dengan cepat menyambar ke bagian lain dan membakar seluruh daun yang diketahui sudah selesai ditebang.

Kemudian, Sugiono melaporkan kepada pemilik lahan dan petugas pemadam kebakaran. "Sekitar pukul 14.15 WIB petugas damkar datang ke lokasi dan api berhasil dipadamkan sekitar satu jam," ungkapnya.

Baca juga: Asap Tebal Menyeruak Saat Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Lima Truk Pemadam Disiagakan

AKP Anwar menambahkan, berdasarkan keterangan dari pemilik lahan tebu bahwa penyebab kebakaran diperkirakan karena kondisi cuaca panas dan daun tebu sangat kering, sehingga menyebabkan daun mudah terbakar.

Sedangkan, hasil pemeriksaan awal di lokasi oleh Unit Reskrim Polsek Plemahan barang terbakar adalah daun tebu kering yang sudah ditebang dan merembet ke tanaman tebu lain yang masih hidup berada di samping lahan terbakar.

"Tidak ditemukan tanda-tanda adanya kesengajaan dari kebakaran ini. Tetapi, kerugian material ditaksir Rp 100 juta," tutupnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved