Berita Gresik

Mengintip Gagahnya Kapal Arka Kinari yang Lintasi Benua, Kini Singgah di Pulau Bawean Gresik

Kapal Arka Kinari lintasi benua akhirnya singgah di Pulau Bawean Gresik. Kapal ini membawa misi kampanye lingkungan

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Kapal Arka Kinari singgah di Pulau Bawean, Gresik. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kapal Arka Kinari lintasi benua akhirnya singgah di Pulau Bawean Gresik. Kapal ini membawa misi kampanye lingkungan.

Kapal Arka Kinari adalah sebuah kapal klasik berukuran 18 meter dengan dilengkapi dua layar dan dilengkapi panel surya. Nama Arka Kinari diambil dari dua bahasa. Yaitu Arka (latin) yang berarti menahan atau mempertahankan dan Kinari (Sansekerta) yang berarti musisi penjaga kehidupan.

Sebelum tiba di Pulau Bawean Gresik, Kapal Arka Kinari mengelilingi dua benua. Kapal tersebut milik Grey Filastine berdarah Amerika Serikat dan Nova Ruth asli Malang.

Nova Ruth menyampaikan pertunjukan pesan atas kerusakan alam dan lingkungan. Menurutnya, manusia seperti memilih menutup mata dan berpura tidak tahu tentang apa yang terjadi dengan alam rusak.

"Ini pesan atas kerusakan alam dan lingkungan," kata Nova, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Rusa Bawean Terancam Punah, BKSDA Sebar 12 Camera Trap, Temukan Bekas Kaki hingga Garukan Tanduk 

Saat ini masa kehidupan mengalami perubahan iklim. Namun itu tidak terlihat di pulau Bawean. Namun di wilayah tetangga pasti merasakan krisis iklim tersebut.

Hal ini yang membuatnya menggunakan panel surya dan tangkapan angin sebagai kebutuhan energi. Menyusuri benua Amerika, benua Eropa menyeberangi samudra pasifik sebelum masuk ke Indonesia.

Sekretaris Kecamatan Tambak, Supaji Alatas menyambut baik dengan bersinggahnya Kapal Arka Kinari di Pulau Bawean. Kapal Arka Kinari bersandar di Pantai Labuhan, Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak.

"Karena hampir semua kapal bersandar di Pantai Labuhan. Kedatangan kapal ini dengan pertunjukan musik ditonton masyarakat di Pantai Labuhan," kata dia.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved