Berita Madura

Sapi Terbaik di Madura Bakal Ramaikan Karapan Sapi Piala Presiden 2022, Bangkalan Jadi Tuan Rumah

Setelah sempat vakum selama dua tahun terakhir akibat hantaman pandemi Covid-19, Karapan Sapi Piala Presiden dengan peserta sapi-sapi kerap terbaik di

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ndaru Wijayanto
Kompas.com
Ilustrasi Karapan Sapi Piala Presiden dengan peserta sapi-sapi kerap terbaik di Pulau Madura akan kembali digelar di tahun 2022 ini. Kabupaten Bangkalan disepakati jadi tuan rumahnya 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Setelah sempat vakum dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, Karapan Sapi Piala Presiden dengan peserta sapi-sapi kerap terbaik di Pulau Madura akan kembali digelar di tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan, H Moh Hasan Faisol mengungkapkan, keputusan Bangkalan sebagai tuan rumah gelaran Kerapan Sapi Piala Presiden 2022.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Madura dan Paguyuban Karapan Sapi se Madura.

“Para pegiat sapi kerap mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep telah bersepakat bahwa Bangkalan akan menjadi tuan rumah,” ungkap Faisol kepada Surya, Rabu (24/8/2022).

Ia menjelaskan, berbagai faktor menjadi pertimbangan dalam rapat koordinasi tersebut hingga akhirnya diputuskan Bangkalan sebagai kabupaten yang siap untuk menggelar kembali event Karapan Sapi Piala Presiden.     

“Karena stadion di kabupaten lain masih belum memenuhi syarat untuk menggelar Kerapan Sapi Piala Presiden. Terkait dengan kapan jadwal pelaksanaannya, InsyaAllah sekitar Oktober atau November,” jelasnya.

Baca juga: Lestarikan Budaya Madura, Sejumlah Tim di Sampang Madura Menggelar Karapan Sapi

Namun, lanjut pejabat asal Kecamatan Blega itu, jadwal pelaksanaan masih bersifat tentatif karena melihat situasi dan kondisi terkini terkait kesiapan sapi-sapi kerap milik para pegiat karapan sapi.

“Masih belum normal sepenuhnya. Ada sapi yang sudah pulih namun ketika dilatih kembali sakit akibat paparan virus PMK. Namun di Pamekasan sudah terlaksana lomba sebatas ajang uji coba, pesertanya juga banyak,” paparnya.

Sebelumnya, rencana digelarnya kembali Kerapan Sapi pernah menjadi pembahasan Menteri BUMN, H Erick Thohir ketika mampir untuk menemui para pegiat kerapan sapi se Madura di Lapangan Kerapan Sapi, Desa Sanggra Agung, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (18/6/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved