Berita Kota Kediri

Akhir Bulan Suro, Dua Pusaka Peninggalan Bung Karno di Situs Ndalem Pojok Kediri Dijamas

Akhir bulan Suro dalam penanggalan Jawa, dua pusaka peninggalan Proklamator Bung Karno di Situs Ndalem Pojok Kediri dijamas.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Didik Mashudi
Ki Bukori melakukan jamasan pusaka peninggalan Bung Karno yang disimpan di Rumah Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, pada akhir bulan Suro penanggalan Jawa, Sabtu (27/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pada akhir bulan Suro dalam penanggalan Jawa, dilakukan prosesi jamasan keris dan satu mata tombak milik tokoh Proklamator Ir Soekarno, di Situs Ndalem Pojok Rumah Persada Sukarno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (27/8/2022).

Ketua Harian Persada Sukarno Kediri, Kushartono menjelaskan, prosesi jamasan pusaka dilakukan dengan selamatan mengundang masyarakat sekitar untuk berdoa dan menjadi sakti jamasan ini.

"Kami mengharap berkah rahmat Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Kushartono kepada awak media, Sabtu (27/8/2022).

Kushartono menjelaskan, dari cerita sesepuh keluarga Ndalem Pojok, tombak dan keris milik Bung Karno asalnya dari pemberian seorang kepala desa di daerah Grobokan, Jawa Tengah, pada tahun 1947, saat Bung Karno mengadakan kunjungan ke sana.

Saat itu, Presiden Seokarno sedang mengadakan kunjungan baca tulis di daerah Grobokan didampingi kelurga Ndalem Pojok, RM Sajid Soemohatmodjo yang waktu itu menjabat sebagai penasehat presiden sekaligus kepala rumah tangga Istana.

"Usai kunjungan, Bung Karno meminta agar pusaka tersebut disimpan di Ndalem Pojok. Begitu kisah singkatnya menurut orang tua saya,” jelas Kushartono.

Sehingga pusaka yang dilakukan jamasan diberikan kepada Bung Karno selaku Presiden RI.

Dia mengatakan, Bung Karno mendapatkannya karena pada saat itu kepala desa menilai Bung Karno pemimpin negara yang pantas menerima keris dan tombak tersebut.

"Kemudian atas kemauan Presiden Soekarno sendiri, pusaka ini disimpan di Ndalem Pojok Kediri," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved