Berita Mojokerto

Nasib 3 Desa di Lereng Gunung Penanggungan Mojokerto, Langganan Krisis Air Bersih saat Kemarau

Inilah nasib tiga desa di Lereng Gunung Penanggungan Kabupaten Mojokerto. Mengalami krisis air bersih saat musim kemarau.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Romadoni
Distribusi langsung bantuan Dropping air di Desa Kunjorowesi, Mojokerto 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO- Tiga desa di lereng Gunung Penanggungan Kabupaten Mojokerto mengalami krisis air bersih saat musim kemarau.

Krisis air bersih yang terjadi setiap tahun tersebut melanda tiga desa yakni Desa Kunjorowesi, Desa Manduro Manggunggajah Kecamatan Ngoro dan Desa Duyung di Kecamatan Trawas.

Kondisi paling parah melanda warga di Dusun Kandangan, Desa Kunjorowesi. Mereka kesulitan memperoleh air bersih saat musim kemarau.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat menjelaskan Pemerintah Daerah telah berupaya mengatasi krisis air di daerah rawan bencana kekeringan dengan Dropping air menggunakan truk tangki.

"Paling parah daerah kekeringan hingga berdampak kesulitan air bersih di Desa Kunjorowesi dan Desa Manduro Kecamatan Ngoro," jelasnya, Senin (29/8/2022).

Ia mengatakan pihaknya telah mendistribusikan bantuan air bersih di desa yang terdampak krisis air mulai Rabu 24 Agustus 2022 kemarin.

Baca juga: Jernihnya Sumber Air di Desa Dagangan Madiun, Tak Pernah Kering saat Kemarau, Bisa Langsung Diminum

Setidaknya ada 10 kali ritase truk Dropping air masing-masing kapasitas 4.000 liter dari Perumdam Majapahit yang dibagi di tiga desa setiap hari.

"Di Desa Kunjorowesi empat ritase, Desa Manduro tiga ritase dan Desa Duyung tiga ritase sehingga total 40 ribu liter
setiap hari," ucap Djoko.

Menurut dia, Dropping air ini akan dilakukan kurang lebih selama dua bulan kedepan dan akan diperpanjang menyesuaikan kondisi di lapangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved