Berita Surabaya

Hadiri Sedekah Bumi Kampung Gadel, Wali Kota Surabaya Sebut Budaya Arek Masih Kuat

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menghadiri sedekah Bumi di Kampung Gadel

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menghadiri sedekah Bumi di Kampung Gadel, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Surabaya, Minggu (4/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menghadiri sedekah bumi di Kampung Gadel, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Surabaya, Minggu (4/9/2022). Acara berlangsung semarak dengan diisi berbagai prosesi dan atraksi.

Hadir di lokasi, Wali Kota Eri bersama Ning Rini mengikuti setiap prosesi sedekah bumi. Bahkan, Mas Eri juga keliling perkampungan hingga ke titik akhir di punden wilayah itu.

Mas Eri mengapresiasi kegiatan warga tersebut. Baginya, bangsa yang baik dan kota yang baik itu adalah yang tidak pernah melupakan tradisi yang sudah dimiliki selama ini.

Ia pun mengapresiasi warga yang telah konsisten menjaga tradisi asli Surabaya tersebut. "Tradisi ini harus terus dilanjutkan dan dijalankan, jangan sampai dilupakan,” kata Mas Eri.

Baca juga: Sultan Hamengkubuwono X Beri Hadiah Pusaka untuk Trenggalek, Apresiasi Upaya Pelestarian Budaya

Ia mengingatkan, Surabaya dikenal sebagai budaya “Arek”. Menurutnya, budaya arek lekat dengan toleransi yang tinggi dan gotong royong yang tinggi.

Misalnya, melalui acara itu. Seluruh elemen masyarakat di kampung tersebut ikut terlibat dengan bergotong royong dan larut dalam kebersamaan.

“Ini menunjukkan bahwa budaya arek masih kuat di Surabaya. Apalagi, sedekah bumi ini dilakukan dengan swadaya," kata pria asli kelahiran Surabaya ini.

"Saya berharap warga Kota Surabaya untuk terus melestarikan budaya ini, karena ini menjadi perekat pemersatu dari seluruh warga Kota Surabaya, khususnya di Kampung Gadel ini,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

"Sedekah bumi ini menjadi momen kebangkitan di Surabaya untuk selalu bergotong royong, untuk selalu bersama dalam menyelesaikan semua masalah di Kota Surabaya. Mari kita gelorakan kembali budaya arek di Surabaya,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved