Berita Kota Malang

Dianggap Menghambat Saluran Air, Bangunan Liar di Kota Malang Dibongkar Petugas

Dianggap menghambat saluran air dan menjadi penyebab terjadinya genangan air saat hujan, bangunan liar di Kota Malang dibongkar petugas.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Pemkot Malang
Petugas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang membongkar bangunan liar yang berdiri di atas saluran air di Jalan Raya Langsep Malang, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifky Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Petugas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang membongkar bangunan liar yang berdiri di atas saluran air di Jalan Raya Langsep Malang, Selasa (6/9/2022).

Bangunan berupa konstruksi dan lantai yang dibangun di atas saluran di samping SDN Pisangcandi 1 itu dianggap menghambat aliran air.

Hal ini ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air di sekitar lokasi saat musim hujan datang. 

Proses pembongkaran bangunan liar tersebut disaksikan langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dan plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi.

Mereka turut membersihkan sampah dan sedimen di saluran air, sebagai antisipasi menjelang musim hujan nanti.

"Upaya pembersihan saluran air dari sampah dan sedimen akan terus dilakukan, mengingat sebagian besar saluran masih memerlukan penanganan," ucap Sutiaji.

Hingga awal September 2022 ini, total sudah ada 15 saluran air di Kota Malang yang telah dibersihkan oleh DPUPRPKP Kota Malang.

Sutiaji mengatakan, pengerukan sampah dan sedimen terbukti mengurangi risiko genangan air sebesar 20-30 persen.

Hal ini dibuktikan dari pantuan petugas di sejumlah saluran air yang sebelumnya telah dilakukan pengerukan sampah dan sedimen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved