Berita Kabupaten Malang

Umat Hindu di Pakisaji Malang Jalani Ritual Entas-entas, Beri Penghormatan kepada Roh Leluhur

Sebagai wujud penghormatan kepada roh leluhur, umat Hindu di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, melakukan ritual Entas-entas.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Sebagai wujud penghormatan kepada roh leluhur, umat Hindu di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang melakukan ritual Entas-entas, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebagai wujud penghormatan kepada roh leluhur, umat Hindu di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang melakukan ritual Entas-entas, Selasa (6/9/2022).

Pemangku Pura Eka Kapti Desa Glanggang, Rudi menjelaskan, tradisi ritual Entas-entas serupa dengan upacara Ngaben.

Umat menuju sungai, kemudian melakukan ritual dan memanjatkan doa.

"Entas-entas itu sama dengan Ngaben, salah satu upacara yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali dan tergolong sebagai upacara Pitra Yadnya. Kalau Ngaben itu pembakarannya langsung saat orang tersebut meninggal, badan kasarnya langsung dibakar. Tetapi kalau Entas-entas ini dilakukan setelahnya dengan secara simbolis," terang Rudi.

Secara filosofis, Rudi menjabarkan, ritual Entas-entas dapat mengantarkan roh kepada sang Pencipta.

"Supaya tidak ada ikatan di tempat itu (lokasi kejadian). Dengan begitu, saya bisa menepati darma saya sebagai warga Hindu. Semoga upacara Entas-entas dapat menjadikan roh orang tua dan leluhur saya bersatu dengan penciptanya," harapnya.

Usai melakukan ritual Entas-entas, umat Hindu di Desa Glanggang akan melaksanakan upacara Melaspas.

Rudi menjelaskan, upacara tersebut terdiri dari aktivitas pembersihan dan penyucian bangunan seperti rumah, kantor, gedung, dan lain sebagainya.

“Tujuannya, menghilangkan kotoran yang ada di rumah. Kotoran itu saat waktu membangun seperti bahan bangunan. Tujuannya, agar rumah tersebut layak dihuni dan memiliki nilai kesakralan atau kesucian” beber Rudi.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Malang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved