Berita Surabaya

Punya Manfaat Buat Tubuh, Mahasiswa Untag Olah Ekstrak Kulit Buah Naga Jadi Topping Minuman Kekinian

Minuman Boba belakangan menjadi tren karena unik dan rasanya yang manis dan kenyal. Sayangnya boba yang selama ini beredar yang identik dengan kandung

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN
KULIT BUAH NAGA - Mahasiswa Program Studi Agroindustri Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Rizka Larasati Putri menunjukkan boba karyanya berbahan ekstrak kulit buah naga dan kayu manis 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sulvi Sofiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Minuman Boba belakangan menjadi tren karena unik dan rasanya yang manis dan kenyal. Sayangnya boba yang selama ini beredar yang identik dengan kandungan kalori dan kadar gula yang cukup tinggi. 

Hal ini menginspirasi mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Rizka Larasati Putri untuk mengolah menciptakan variasi boba yang sehat yaitu dengan memakai kayu manis yang dicampur dengan ekstrak kulit buah naga. 

“Kulit buah naga ini jarang sekali dimanfaatkan padahal memiliki kandungan antosianin yang dapat berperan sebagai pewarna alami dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh,” ujarnya.

Hal ini sekaligus sebagai tugas akhir yang berjudul ‘Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Naga Merah (Hylocerceus Polyrhizus SP) pada Produk Boba Kayu Manis’.

Rizka mengaku perlu melakukan penentuan formulasi yang memakan waktu dua sampai tiga jam untuk bisa menghasilkan boba yang berkualitas baik. 

“Untuk formulanya saya menggunakan perlakuan 0 hingga 4 dan di setiap perlakuannya terdapat takaran ekstrak kulit buah naga dan air yang berbeda. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi saya karena perlu takaran yang benar-benar cukup untuk mencapai kekenyalan yang pas,” terang Rizka.

Lebih lanjut, untuk mengukur tingkat keberhasilannya, dirinya menggunakan uji rasa atau organoleptik terhadap 30 panelis yang terdiri dari dosen serta mahasiswa Prodi Agroindustri. 

“Pengujiannya meliputi tekstur, warna, rasa dan aroma menggunakan uji organoleptik pada skala 1-5 dengan kategori penilaian sangat tidak suka, tidak suka, cukup suka, suka dan sangat suka,” ujar anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Menurut Rizka, bahan dasar dalam pembuatan boba ini sangat mudah dicari seperti tepung tapioka, gula, air, ekstrak kulit buah naga dan ekstrak kayu manis. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved