Berita Surabaya

Pameran Kala Kini Karya Seniman Muda Jatim, Gambarkan Keberagaman dalam Warna Vibrant

Sebanyak 13 seniman di Surabaya memamerkan karya lukisan unik kontemporer modern di Artspace ARTOTEL TS Suites Surabaya, Jumat (9/9/2022).

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN
Seniman Alif Edi (baju hitam) dan Yudha Ramadhan didampingi Marcom Manager Nabilla Humaira memaparkan konsep pameran seni rupa di 'Artspace' Artotel TS Suites Surabaya, Jumat (9/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 13 seniman di Surabaya memamerkan karya lukisan unik kontemporer modern di Artspace ARTOTEL TS Suites Surabaya, Jumat (9/9/2022).

Pameran yang berlangsung hingga 30 Oktober 2022 ini memamerkan 26 lukisan dengan berbagai corak dan makna.

“Kala kami ambil dari arti waktu, dan kini artinya hari ini atau kekinian. Jadi mempresentasikan tema dan gagasan bagaimana memaknai hidup hari ini,” kata Alif Edi Irmawan, seniman Kala Kini.

Karya kontemporer yang dibuat juga memiliki warna-warna vibrant yang menggambarkan keberagaman sehingga mudah diterima masyarakat luas, khususnya generasi muda.

“Karya seni itu penanda zaman, ketika membuat karya di suatu era. Itu penanda jaman saat itu. Bagaimana memahami si masa saat itu, tercermin di karya nya,” kata Alif.

Alif menghadirkan lukisan Senandung Alam #4 dan #5 yang terinspirasi dari lingkungan sekitar. 

Baca juga: Ada Satu Lukisan di Pameran Lukis Banyuwangi Sukses Terjual di Angka Rp 2,4 Miliar

“Saya berada di Gresik. Dulu banyak lahan hijau sekarang teralih fungsi ke bangunan. Senandung alam yang berubah,” katanya.

Dalam pameran ini, selain Alif juga ada Yudha Ramadhana yang juga seniman muda Surabaya. Yudha menyampaikan bahwa pameran ini dapat mendeskripsikan potensi anak muda Surabaya. 

“Potensi teman-teman di Surabaya ini banyak, kompetitif. Karena Surabaya itu masuk ke kawasan utama seniman Jawa timur,” katanya.

Lukisan hasil karya para seniman Kala Kini yang berjajar rapi di artspace ARTOTEL TS Suites Surabaya memiliki makna masing-masing.

Misalnya, Mbonartlove, lukisan tangan seniman asli Surabaya tersebut memiliki dominan warna cerah dan colourful. Dalam lukisannya, Yudha mengaku kerap menghadirkan rumah dengan bentuk yang dimodifikasi.

“Penanda bagaimana kita pulang,” katanya.

Sementara itu, Sales and Marketing Manager Artotel TS Suites Surabaya Ade Kristanti mengatakan adanya Artspace ini sebagai wadah bagi seniman untuk menghadirkan karya-karya terbaiknya untuk dapat dinikmati masyarakat.

“Kami juga aktif menyediakan workshop di area Artspace ini bagi anak muda yang ingin menyalurkan bakatnya,” tutupnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved