Berita Malang

Tak Semua Orang Boleh Naik ke Candi Singosari Malang, Diperbolehkan Hanya yang Lakukan Ritual

Jika sedang wisata ke Malang, tak ada salahnya mampir ke Candi Singosari yang berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sylvianita Widyawati
Ada larangan bagi wisatawan naik ke Candi Singosari kecuali bagi mereka yang melakukan wisata ritual. Tampak ada wisatawan baru keluar dari ruangan di candi itu usai melakukan ritual/doa. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jika sedang wisata ke Malang, tak ada salahnya mampir ke Candi Singosari yang berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Jika dari Kota Malang, jaraknya sekitar 10 km. Lokasinya mudah diakses. Di candi ini ada larangan naik ke badan candi kecuali bagi mereka yang melakukan wisata ritual. Di tangga candi ditulis "Dilarang Naik".

Karena itu saat masuk ke pos untuk mengisi buku tamu, petugas akan memastikan tujuan wisatanya.

Apakah wisata biasa atau wisata ritual. "Kalau untuk wisata ritual boleh naik ke candi," jelas Damanhuri, juru pelihara Candi Singosari pada suryamalang.com beberapa waktu lalu. Dikatakan, memang di candi ini kerap jadi lokasi ritual.

Saat suro biasanya dikunjungi orang-orang penganut kepercayaan.

Selain itu juga didatangi penganut agama Hindu dari Bali. Ia menceritakan pernah ada satu keluarga dari Bali berdoa di Candi Singosari. Dikatakan, jika pada tulisan tujuan wisata biasa namun kemudian naik ke candi untuk berdoa atau melakukan ritual, ia tak segan menegur.

Baca juga: BPCB Jatim Menduga Candi Gedog Blitar Dibangun Awal Kerajaan Majapahit, Gaya Pahatan Jadi Petunjuk

"Saya gak tahu kenapa tidak jujur," jelasnya. Larangan naik ke candi diberlakukan sejak masa pandemi. Sehingga selain bisa menjaga kondisi candi juga untuk menghormati agama lainnya. "Pada 2019 masih boleh. Dari kementrian tidak membolehkan naik sebagaimana Candi Borobudur," tandas Damanhuri.

Candi ini didarmakan buat raja terakhir Singosari, Kertanegara. Karena ada larangan naik ke candi, maka wisatawan hanya bisa melihatnya dari dekat atau jauh. Namun umumnya wisatawan datang untuk berfoto. "Kalau lama kunjungan ya sebentar. Hanya buat foto-foto lalu keluar," kata dia.

Tapi jika ingin menikmati candinya juga bisa duduk di bawah pepohonan yang ada. Ada tempat duduk yang disediakan. Selain itu di areal candi ada toilet dan papan informasi tentang candi. Jika masih ingin bersantai, di luar candi banyak penjual kuliner. Ada rujak manis atau makanan lainnya.

Juga ada kafe Latar Candi yang di lantai duanya bisa untuk melihat candi itu dari sisi samping.

Jumlah wisatawan saat ini masih belum sebanyak sebelum pandemi. Tentang asal wisatawan, selain dari luar negeri juga nusantara. Salah satu artis yang pernah mengunjungi candi ini adalah Luna Maya yang diposting di IG-nya.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved