Berita Blitar

Begini Cara Kabupaten Blitar Kendalikan Laju Inflasi

Selain menyebabkan dampak kesehatan, pandemi COVID-19 yang melanda sejak 2020 telah mengobrak-abrik kondisi perekonomian negara-negara dunia.

Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah menyampaikan upaya pengendalia inflasi 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Selain menyebabkan dampak kesehatan, pandemi COVID-19 yang melanda sejak 2020 telah mengobrak-abrik kondisi perekonomian negara-negara dunia. Meskipun isu kepulihan ekonomi terjadi diseluruh dunia. Kondisi memang belum sepenuhnya normal.

Pergerakan permintaan pasar yang besar belum bisa diimbangi dengan ketersediaan produk barang dan jasa ditambah lagi konflik Rusia dan Ukraina semakin memperparah keadaan. Menghambat pemulihan ekonomi dan kian memicu inflasi di banyak negara.

Tidak terkecuali di Indonesia, situasi perekonomian tanah air yang ikut goyang akibat adanya krisis yang melanda seluruh dunia. Ditambah lagi, dengan kenaikan harga BBM dan inflasi yang semakin mencekik keuangan negara serta masyarakat.

Bahkan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Pusat dan Daerah saling bekerjasama dalam upaya pengendalian inflasi di tanah air.

Pihaknya yakin jika kerja sama dilakukan Provinsi, Kabupaten, Kota, Gubernur, Bupati, Wali Kota, TPIP dan TPID maka untuk mengembalikan lagi inflasi ke angka di bawah 3 bukan hal yang mustahil dilakukan mengingat ketersediaan barang di dalam negeri yang cukup.

Menindaklanjuti arahan Presiden dalam rangka mengendalikan inflasi di Daerah, Pemerintah Kabupaten telah melakukan berbagai upaya yang diantaranya adalah Kebijakan Pemerintah Daerah  pengalokasian dana 2 persen dari DAU dan Dana Bagai Hasil serta Dana yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga untuk program Bantalan Sosial Masyarakat.

Sebagai langkah cepat merealisasikan program tersebut saat ini, Perangkat Daerah terkait telah melakukan pendataan dan verifikasi. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi overlapping dengan bantuan sosial lain seperti PKH, BPNT, BLT DD.

Menanggapi Bantuan Sosial yang segera diluncurkan ini, Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Blitar dalam menekan laju inflasi.

Pihaknya berharap dengan bansos ini kenaikan harga kebutuhan pokok dapat ditekan sehingga inflasi dapat dikendalikan terutama akibat penyesuaian harga BBM.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menekankan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Blitar untuk merapatkan barisan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved