Berita Jatim

Pendaftaran Rekrutmen Panwascam Mulai Pekan Depan, Seluruh Jawa Timur Butuh 1998 Pengawas Kecamatan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai pekan depan akan merekrut Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan atau Panwascam.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi saat ditemui di Surabaya, 2022 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai pekan depan akan merekrut Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan atau Panwascam.

Rencananya, Di Jawa Timur butuh sebanyak 1998 orang Panwascam untuk bertugas di Pemilu 2024.

Sesuai pengumuman yang disampaikan Bawaslu RI, masa pendaftaran calon anggota Panwascam bakal berlangsung mulai tanggal 21 hingga 27 September mendatang. Tahapan rekrutmen tersebut bakal berlangsung maraton hingga akhir Oktober 2022 nanti.

Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi mengatakan rekrutmen Panwascam berada di ranah Bawaslu Kabupaten/kota.

Setiap kecamatan, keanggotaan Panwascam ini diisi tiga orang. Dengan jumlah 666 kecamatan di seluruh daerah di Jawa Timur, praktis nantinya butuh 1998.

"Kami Bawaslu Jatim juga melakukan koordinasi dengan kawan-kawan Kabupaten/kota berkaitan dengan persiapan," kata Aang kepada TribunJatim.com saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Soal Usulan Mempercepat Pilkada Serentak 2024, Pengamat Minta Perlu Pertimbangan Ulang

Berdasarkan ketentuan, Panwascam nantinya bakal memiliki sejumlah tugas. Diantaranya, melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan.

Lalu mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kecamatan, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye di wilayah kecamatan. Serta, mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan di wilayah kecamatan dan sejumlah tugas lain.

Menurut Aang, pihaknya berharap jajaran Bawaslu di Kabupaten/kota mengoptimalkan tahapan ini. Disisi lain, diharapkan keterwakilan perempuan dalam rekrutmen Panwascam juga terpenuhi.

"Selain pengetahuan umum tentang kepemiluan, karena Panwascam ini merupakan tenaga yang bertugas di lapangan tentu kemampuan menguasai wilayahnya sangat penting," jelasnya menambahkan.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved