Berita Mojokerto

Pabrik Pengolahan Bonggol Jagung di Mojoketo Ludes Terbakar, Api Berasal dari Pembakaran Lahan Tebu?

Petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) gabungan hingga kini masih berjibaku memadamkan api yang membakar pabrik PT.Prodina Jawara Grup di Desa Jatirowo

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Romadoni
Petugas Damkar memadamkan api yang membakar pabrik PT.Prodina Jawara di Desa Jatirowo, Kecamatan Dawarblandong, Minggu (18/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO- Petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) gabungan hingga kini masih berjibaku memadamkan api yang membakar pabrik PT.Prodina Jawara Grup di Desa Jatirowo, Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto, Minggu (18/9/2022).

Lebih dari 11 mobil Damkar dari Kota/ Kabupaten Mojokerto, Inti Dragon, PG Gempolkerep, dua unit Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan dilibatkan dalam pemadaman kebakaran di pabrik pengolahan bonggol/janggel jagung tersebut.

Komandan Regu (Danru) Damkar Kota Surabaya, Suyitno (45) menjelaskan pemadaman api dilakukan hanya satu arah lantaran seluruh bangunan pabrik ludes terbakar.

Apalagi, angin cukup kencang sehingga api begitu cepat membesar yang diperparah asap tebal sehingga menghambat pemadaman api di pabrik yang terletak di kawasan persawahan itu.

Asap tebal dari bahan baku bonggol jagung di dalam pabrik yang terbakar menyebabkan jarak pandang terbatas dan pedih di mata.

"Penyemprotan satu arah sedangkan melawan arah angin jadi dari petugas ini kesulitan apalagi dengan adanya asap yang tertiup angin," jelasnya saat ditemui di lokasi, Minggu (18/9).

Ia menjelaskan penyebab kebakaran dari pembakaran lahan tebu yang berada di sisi timur pabrik. Angin yang bertiup kencang menyebabkan api merembet dari lahan tebu hingga menjalar ke belakang pabrik.

"Ini bakar tebu di samping perushaan terkena angin kemudian membakar pabrik," terangnya.

Menurut dia, awalnya api sempat membakar mesin giling produksi pengolahan bonggol jagung yang berada di bangunan belakang pabrik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved