Berita Gresik

Armada Pemadam Terbatas, Dinas Pemadam Bentuk Forum PMK Gandeng Perusahaan, Bupati Antusias

Kendaraan pemadam kebakaran Kabupaten Gresik terbatas, membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan inovasi

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Forum PMK, Dinas Pemadam dan perusahaan di Gresik untuk kesiapan mencegah kebakaran di Gresik, Selasa (20/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kendaraan pemadam kebakaran Kabupaten Gresik terbatas, membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan inovasi.

Menggandeng para perusahaan yang memiliki armada pemadam kebakaran.

Mengingat angka kebakaran di Gresik tahun ini meningkat. Melewati angka kebakaran pada tahun lalu. Dalam kurun waktu Januari - September 2022 sudah 418 kejadian. Sedangkan tahun 2021 hanya 367 kejadian.

Kendaraan pemadam milik Dinas Damkar hanya ada enam. Itupun harus tersebar di tiga posko. Tengah yang berada di kota, kemudian di selatan berada di Driyorejo dan utara berada di wilayah Kecamatan Dukun.

Jumlah ini tidak sebanding dengan luas Kabupaten Gresik. Belum lagi jumlah penduduk yang padat. Oleh sebab itu, perlu ada forum Pemadam Kebakaran (PMK) dengan menggandeng perusahaaan. Sehingga, mereka para perusahaan yang memiliki armada PMK bisa membantu pemadaman terlebih dahulu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyambut baik langkah ini. Sejak awal tahun ini, Pemadam Kebakaran tidak lagi UPT, melainkan Dinas. Karena potensi kebakaran di Gresik tinggi.

"Dengan adanya forum PMK ini didorong kesiapan, kesigapan, ketika mitigasi bencana menghadapi persoalan kebakaran. Tepat sekali kita dorong turut serta dalam pelayanan saya yakin visi misi kita sama kita tidak ingin ada kebakaran di Gresik, kita punya kesiapan sebelum adanya kebakaran," terang pria yang akrab disapa Gus Yani ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan A. H. Sianga menuturkan, banyaknya kejadian kebakaran di Kota Pudak, Damkarla membuat Forum PMK, melibatkan perusahan untuk bersama-sama menangani permasalahan tersebut.

Pasalnya, dari ribuan industri yang berdiri di Gresik, hanya 23 perusahaan yang mempunyai mobil pemadam dengan total 40 armada. Itupun dari perusahaan wilayah Kota dan Gresik selatan.

Baca juga: Padaman Kebakaran Rumah di Tenggilis Mejoyo Surabaya, Sebanyak 16 Truk Pemadam Dikerahkan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved