Berita Jatim

Tingkatkan Produk Bersertifikat Halal, Khofifah Sebut Butuh Tambahan Laboratorium Halal Food

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka East Java Halal Agro Industry Festival Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka East Java Halal Agro Industry Festival Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya, Selasa (20/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka East Java Halal Agro Industry Festival Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya, Selasa (20/9/2022). 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah menyampaikan adanya kebutuhan penambahan laboratorium halal food untuk meningkatkan produk bersertifikat halal di Indonesia termasuk di Jawa Timur.

Terlebih ada target yang ditetapkan pemerintah bahwa di tahun 2023 sebanyak 10 juta produk IKM tersertifikasi halal. 

Gubernur Khofifah mengatakan di Jatim saat ini sudah cukup banyak halal center yang juga didukung oleh perguruan tinggi. Namun, masalahnya laboratorium halal food saat ini masih minim. 

Oleh sebab itu, ia mengajak para elemen strategis untuk turut membantu penguatan peningkatan produk halal food di Jatim dengan memperbanyak laboratorium halal.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Jatim Puji Gubernur Khofifah yang Bebaskan Pajak Kendaraan Umum Mikrolet dan Ojol

 “Maka di forum ini mari kita pikirkan bagaimana penguatan laboratorium halal food bisa disiapkan lebih banyak lagi. Supaya percepatan sesuai target pemerintah bisa kita capai. Karena sesungguhnya sangat banyak perguruan tinggi yang ingin berkontribusi untuk menjadi pendamping produk halal,” ucap Khofifah. 

Tak sampai di sana, Gubernur Khofifah juga menyebutkan bahwa saat ini juga dibutuhkan untuk memperbanyak pendamping produk halal.

“Tapi tetap saja ini masih memerlukan dukungan laboratorium halal didalamnya. Meski sudah Self declear, memang masih harus mengeluarkan biaya meskipun itu sudah sangat sangat kecil dibanding dengan sebelumnya,” sebutnya. 

Tak hanya itu, di hadapan Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS Putu Rahwidhiyasa, Khofifah juga menyampaikan pentingnya financial support bagi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved