Berita Kota Blitar

Dishub Kota Blitar Uji Coba Penerapan Pembayaran Retribusi Parkir Nontunai di 20 Titik Jalan Merdeka

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar mulai lakukan uji coba penerapan pembayaran retribusi parkir nontunai di 20 titik Jalan Merdeka.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Suasana titik parkir di Jalan Merdeka, Kota Blitar, Rabu (21/9/2022). Dishub Kota Blitar menerapkan sistem pembayaran retribusi parkir secara elektronik atau nontunai.  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sistem pembayaran retribusi parkir secara elektronik atau nontunai mulai diterapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar.

Dishub Kota Blitar melakukan uji coba pembayaran parkir nontunai di 20 titik parkir di Jalan Merdeka, Kota Blitar.

"Kemarin, saat peringatan Hari Perhubungan sudah kami lakukan soft launching pembayaran parkir nontunai. Sekarang kami uji coba di 20 titik parkir di Jalan Merdeka," kata Kepala Dishub Kota Blitar, Juari, Rabu (21/9/2022). 

Juari mengatakan, pembayaran retribusi parkir menggunakan barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Para juru parkir (jukir) cukup menunjukkan barcode QRIS kepada para pelanggan yang hendak membayar retribusi parkir

"Sistem pembayaran retribusi parkir nontunai sekaligus untuk menjawab pertanyaan masyarakat selama ini soal kebocoran pendapatan parkir. Pelanggan bisa membayar uang parkir secara nontunai," ujarnya. 

Dikatakannya, penerapan parkir elektronik hanya berlaku untuk sistem pembayaran saja. Sedangkan, pendapatan jukir tetap menggunakan sistem bagi hasil, seperti ketika sistem pembayaran tunai.

Jumlah titik parkir di Kota Blitar ada 161 titik, dengan jumlah jukir sebanyak 276 jukir. Untuk tarif retribusi parkir sepeda motor Rp 2.000, dan tarif retribusi parkir mobil Rp 3.000.

Sedangkan target pendapatan retribusi parkir di Kota Blitar pada 2022 ini sebesar Rp 1,3 miliar. Sekarang, capaian pendapatan retribusi parkir sudah sekitar 65 persen dari target. 

"Ke depan, secara bertahap, sistem pembayaran retribusi parkir akan menggunakan nontunai di semua titik parkir. Kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah soal implementasi pembayaran nontunai," katanya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Blitar

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved