Berita Blitar

30 Persen Pemilih di Kota Blitar dari Kalangan Milenial, KPU Gencarkan Sosialisasi untuk Partisipasi

Sekitar 30 persen dari 113.000 daftar pemilih dalam pelaksanaan Pemilu di Kota Blitar merupakan kalangan milenial atau pemilih pemula. 

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Komisioner KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya memberikan sosialisasi soal Pemilu Serentak 2024 kepada para pelajar dan mahasiswa di Balai Kusumo Wicitro, Kota Blitar, Senin (26/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sekitar 30 persen dari 113.000 daftar pemilih dalam pelaksanaan Pemilu di Kota Blitar merupakan kalangan milenial atau pemilih pemula. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Blitar Santoso usai membuka sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024 di Balai Kusumo Wicitro, Kota Blitar, Senin (26/9/2022). 

Sosialisasi itu dikuti para pelajar setingkat SMA, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Kota Blitar

Sedang narasumber yang dihadirkan, yaitu, dari KPU Kota Blitar dan akademisi. 

"Karena 30 persen pemilih dalam Pemilu di Kota adalah milenial atau pemilih pemula, untuk itu kami gencar melakukan penyisiran dan sosialisasi kepada mereka agar tetap menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024," kata Santoso. 

Santoso mengatakan partisipasi masyarakat Kota Blitar pada Pileg 2019 dan Pilwali 2020 lumayan tinggi, yaitu, mencapai 78 persen. 

Baca juga: 10 Ribu Lebih Buku Nikah Kedaluwarsa Dimusnahkan Kemenag Blitar: Sejak Menteri Agama Suryadharma Ali

Kota Blitar berada pada peringkat kedua di Jatim terkait capaian partisipasi masyarakat di Pileg dan Pilwali. 

Dengan kegiatan sosialisasi khususnya kepada pemilih pemula ini, Pemkot Blitar berharap partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 meningkat dari sebelumnya. 

"Kami berharap partisipasi masyarakat Kota Blitar di Pemilu 2024 meningkat lagi. Para pemilih pemula ini menjadi target kami untuk meningkatkan partisipasi masyarakat," ujarnya. 

Kepala Bakesbangpol Kota Blitar, Toto Robandiyo mengatakan Bakesbangpol akan membentuk agen di kalangan milenial agar membantu mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu di masing-masing komunitasnya. 

Dengan begitu, harapannya, partisipasi masyarakat khususnya di kalangan milenial atau pemilih pemula di Kota Blitar meningkat. 

"Persentase pemilih pemula di Kota Blitar lumayan banyak, yaitu sekitar 30 persen dari 113.000 daftar pemilih. Kami ingin memaksimalkan sosialisasi untuk pemilih pemula agar partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 meningkat," katanya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved