Berita Jatim

Optimistis Trafik Penumpang Meningkat, 6 Rute Baru Siap Dilayani Dari Bandara Internasional Juanda

Geliat trafik penerbangan internasional di Bandara Internasional Juanda pasca musim haji kian meningkat.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Ruang tunggu keberangkatan di Terminal 1 Bandara Juanda yang dipadati penumpang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Geliat trafik penerbangan internasional di Bandara Internasional Juanda pasca musim haji kian meningkat.

Bahkan, hal ini tidak saja didominasi oleh keberangkatan jamaah umroh, namun juga rute-rute Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia.

Berdasarkan data trafik penerbangan yang diterima Tribun Jatim dari pihak Bandara Juanda, tercatat bahwa hingga Agustus, Singapura masih menjadi destinasi dengan jumlah penumpang terbanyak yaitu 125 ribu penumpang atau mendominasi 36 persen dari total keseluruhan penumpang internasional yang telah dilayani Bandara Internasional Juanda di tahun 2022 sebanyak 348 ribu penumpang.

Situasi tersebut nampaknya yang menjadi salah satu pertimbangan Batik Air membuka rute penerbangan Internasional dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Internasional Changi di Singapura.

Penerbangan perdana rute tersebut sendiri telah dilaksanakan melalui Terminal 2 pada Jumat (23/9)22) kemarin pukul 07.50 WIB dan dijadwalkan tiba pada pukul 11.10 waktu Singapura.

Sementara untuk penerbangan dari Singapura terjadwal pukul 12.00 dan tiba di Bandara Internasional Juanda pada pukul 13.20 WIB.

Dengan hadirnya Batik Air di rute penerbangan Surabaya - Singapura ini, menambah jajaran maskapai yang telah melayani rute tersebut sebelumnya yakni Singapore Airlines, Scoot Tiger, dan Jet Star.

Baca juga: Trafik Penumpang Bandara Internasional Juanda Meningkat, Singapura Dominasi Penerbangan

Tidak hanya Batik Air saja, Super Air Jet pun juga tidak ketinggalan dengan menyelenggarakan inagurasi atas penambahan 3 (tiga) rute baru yakni menuju Makassar, Lombok, dan Denpasar.

Ketiga rute tersebut rencananya akan beroperasi harian dengan jadwal keberangkatan Surabaya - Makassar pukul 08.00 WIB, Surabaya - Lombok pukul 15.45 WIB, dan Surabaya - Denpasar pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya, pada tanggal 28 September yang akan datang, maskapai baru ini juga akan melakukan penerbangan perdananya untuk 2 (dua) rute baru tujuan Balikpapan dan Banjarmasin.

Ketika dikonfirmasi Tribun Jatim, Senin (26/9/22) General Manager Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menyebut bahwa pembukaan-pembukaan rute ini diharapkan mampu menstimulus industri penerbangan untuk dapat hidup kembali serta sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata Jawa Timur.

"Kami melihat ini sebagai pertanda baik karena tentu pembukaan-pembukaan rute ini dikarenakan adanya demand dari masyarakat sehingga kami sangat optimis tren pertumbuhan jumlah penumpang masih akan terus berlangsung hingga akhir tahun nanti," ungkap Sisyani.

Lebih dari itu, menurut Sisyani, hal tersebut juga nampaknya memungkinkan terjadi mengingat jumlah pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara internasional Juanda selama periode Januari hingga Minggu ketiga September terus mengalami kenaikan dari tahun sebelumya.

Kata dia, angka kenaikan mencapai 96 persen pada pergerakan penumpang dari total 3.798.298 di tahun 2021 menjadi 7.429.173 di tahun 2022, dengan rata – rata 30.000 penumpang per harinya. Sementara kenaikan pergerakan pesawat mencapai 40

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved