Berita Jatim

Berhasil Tekan Angka Rata-Rata Kredit Macet Dibawah 5 % Tiap Tahun, Kredivo Gunakan Strategi Ini

Kredivo selaku platform kredit digital di Indonesia berhasil menyeleksi jutaan pengajuan kredit dengan tetap menekan angka rata-rata kredit macet

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
(dua dr kanan) Umang Rustagi selaku CEO Kredivo Indonesia saat menghadiri gelaran BUMN Startup Day. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAKredivo selaku platform kredit digital di Indonesia berhasil menyeleksi jutaan pengajuan kredit dengan tetap menekan angka rata-rata kredit macet di bawah 5 persen tiap tahun dengan dukungan strategi sistem manajemen risiko dengan matriks risiko setara bank.

Sistem manajemen risiko kredit yang dijalankan oleh Kredivo menjadi salah satu inovasi yang menjadi kunci bagi Kredivo yang berfungsi dalam menganalisa skor kredit calon pengguna, verifikasi data, serta memprediksi probabilitas kredit macet.

Inovasi sistem manajemen risiko yang dilakukan oleh Kredivo bahkan telah mencapai matriks risiko yang setara dengan bank konvensional dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Sistem manajemen risiko Kredivo yang terdepan di industri juga membantu perusahaan untuk mampu mempertahankan kinerja bisnis yang positif di berbagai kondisi ekonomi.

Umang Rustagi selaku CEO Kredivo Indonesia mengatakan bahwa sistem manajemen risiko menjadi instrumen utama bagi pelaku industri kredit digital untuk memastikan keberlanjutan dan mengelola bisnis di tengah kondisi ekonomi yang dinamis.

Baca juga: Aprindo Berharap Sinergi Kredivo dan Ramayana Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Sejak Kredivo diluncurkan, kami terus berinvestasi dalam hal teknologi yang mampu menilai kelayakan kredit calon pengguna dengan tingkat akurasi yang tinggi. Penerapan manajemen risiko Kredivo yang memiliki matriks setara dengan bank, telah menjadi kunci utama bagi kami untuk terus berkembang menjadi platform kredit digital yang semakin dipercaya,” ungkap Umang. Rabu (28/9/22).

“Terutama oleh para investor dan mitra perbankan dalam penyaluran kredit. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya pertumbuhan signifikan pengguna Kredivo dari tahun ke tahun, dan akan terus bertambah hingga puluhan juta dalam beberapa tahun kedepan,” tambahnya.

Umang juga menekankan bahwa dengan didukung oleh sistem manajemen risiko yang baik, Kredivo mampu untuk terus menjaga rasio kinerja perusahaan yang kuat, bahkan telah mencatatkan kinerja keuangan yang menguntungkan sejak 2021.

Lebih lanjut, sistem manajemen risiko Kredivo memiliki 3 keahlian utama antara lain sistem penilaian kredit yang inovatif dan tingkat keakuratannya tinggi, proses pengajuan dan persetujuan kredit dengan cepat sekaligus mampu memprediksi probabilitas kredit macet, serta infrastruktur big data yang aman dan terproteksi.

Inovasi sistem manajemen risiko menurut Umang juga merupakan bentuk dari implementasi prinsip responsible lending yang diterapkan oleh Kredivo, yaitu selektif menyalurkan kredit serta memberikan limit kredit secara proporsional sesuai dengan kemampuan membayar pengguna.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved