Berita Jatim

Pendaftar Perempuan Minim, 12 Daerah di Jatim Perpanjang Masa Pendaftaran Panwascam

Sebanyak 12 Kabupaten/kota di Jawa Timur harus memperpanjang masa pendaftaran perekrutan Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Komisioner Bawaslu Jatim Nur Elya Anggraini dalam kesempatan acara beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 12 Kabupaten/kota di Jawa Timur harus memperpanjang masa pendaftaran perekrutan Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan atau Panwascam. Penyebabnya adalah kurangnya kuota keterwakilan perempuan disejumlah kecamatan.

Sedianya, masa pendaftaran Panwascam telah berlangsung pada 21 hingga 27 September kemarin. Namun, berdasarkan update data dari Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur (Bawaslu Jatim) pertanggal 29 Oktober terdapat 12 daerah yang perlu memperpanjang pendaftaran.

Secara rinci, 12 Kabupaten/kota tersebut meliputi Ponorogo, Trenggalek, Sampang, Bangkalan, Sumenep, Jember, Situbondo. Lalu, Kabupaten Malang, Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto dan Bondowoso.

Komisioner Bawaslu Jatim Nur Elya Anggraini menjelaskan berdasarkan rekapitulasi hingga Kamis kemarin, setidaknya dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur sudah ada 13.100 lebih pendaftar.

Namun, setelah dilakukan penelitian administrasi terdapat 12 daerah yang harus melakukan perpanjangan pendaftaran sebab tidak terpenuhinya kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Baca juga: Bawaslu Trenggalek Perpanjang Pendaftaran Panwascam di Tiga Kecamatan, Ini Penyebabnya

"12 Kabupaten/kota ini memang tidak di semua kecamatan. Hanya kecamatan tertentu yang pendaftarnya tidak memenuhi 30 persen kuota perempuan," kata Ely sapaan akrab Nur Elya Anggraini saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Jumat (30/9/2022).

Dari data Bawaslu Jatim juga menunjukkan di kawasan Kabupaten Sumenep yakni wilayah kepulauan termasuk yang paling besar minimnya keterwakilan perempuan. Dengan perpanjangan masa pendaftaran ini, diharapkan kuota 30 persen perempuan dapat terpenuhi.

"Insyaallah nanti perpanjangan pendaftaran akan kita lakukan pada tanggal 2 sampai 8 Oktober," ungkap Ely yang merupakan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Jatim.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved