Berita Surabaya

Padukan Batik dan Kopi Jadi Seni Kreatif, Mercure Surabaya Grand Mirama Gelar Batik on Coffee

Memadukan batik dan kopi menjadi sebuah seni kreatif, Mercure Surabaya Grand Mirama menggelar acara Batik on Coffee.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Peringati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022 dan Hari Kopi Sedunia pada 1 Oktober 2022, Mercure Surabaya Grand Mirama menggelar Batik on Coffee, Sabtu (1/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Peringati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022 dan Hari Kopi Sedunia pada 1 Oktober 2022, Mercure Surabaya Grand Mirama menggelar Batik on Coffee.

Kegiatan tersebut digelar tak lepas dari peran busana batik yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbedawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Perpaduan dari batik dan kopi diubah menjadi sesuatu seni yang kreatif dalam sebuah gelaran Batik on Coffee.

Marcom and Sr MICE Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, Diane Laurentia mengatakan, sejak tahun 2017, Mercure Surabaya Grand Mirama sudah bersinergi bersama salah satu UMKM yang dikelola oleh Wiwit Manfaati untuk mengelola limbah hasil hotel.

Program tersebut dijalankan sesuai program grup Accor, Planet 21 dengan melakukan 3R yakni reduce, reuse dan recycle. Limbah hasil hotel yang disumbangkan ke UMKM adalah Linen Bed Sheet (kain) yang sudah tidak terpakai.

UMKM yang memproduksi tas dari limbah eceng gondok dan tas batik tersebut mengolah Linen Bed Sheet (kain) tersebut menjadi batik jumputan.

Pada kegiatan Batik on Coffee, para pengunjung diajari membatik dengan metode jumputan oleh Wiwit. Batik jumputan merupakan batik ikat celup. Pengunjung juga bisa praktik langsung.

“Pada kegiatan ini juga ditampilkan inovasi lain selain membatik di atas kain, namun juga membatik di atas kopi atau istilahnya dikenal sebagai Coffee Latte Art," ungkap Diane Laurentia, Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu, General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, Andreas Riyadi mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai batik.

Baca juga: Hari Tani Nasional, Siswa MTsN 3 Madiun Kreasikan Motif Batik Magersari, Cerminkan Kearifan Lokal

"Kami selalu bersinergi dengan UMKM dalam hal ini, yang merupakan ahlinya mengajarkan dalam membuat batik di atas kain. Selain di atas kain, kopi juga merupakan salah satu media yang dapat digunakan melukis motif batik," ujar Andreas Riyadi.

"Barista kami akan membuat kreasi Coffee Latte Art motif batik kawung dan batik megamendung. Tujuan acara ini untuk belajar bersama meningkatkan daya kreativitas kita," imbunya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved