Tragedi Arema vs Persebaya

Murka Jokowi Atas Tragedi di Kanjuruhan: Polisi Usut Tuntas, PSSI Putuskan Hentikan Liga 1 Sepekan

Presiden Jokowi murka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022). PSSI putusan hentikan kompetisi Liga 1 2022-2023 sepekan.

Instagram
Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak murka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu 1 Oktober 2022. 

TRIBUNJATIM.COM - Pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya memakan ratusan korban jiwa.

Hal ini diawali karena kericuhan para suporter Arema FC yang kecewa atas kekalahan di kandang sendiri.

Pihak berwajib kemudian menembakkan gas air mata yang semakin memperkeruh keadaan.

Saat ini, dilaporkan ada 129 korban meninggal atas Tragedi Kanjuruhan Malang ini.

Dua di antaranya adalah polisi dan hampir 100 korban meninggal di stadion serta sisanya mengembuskan napas terakhir setelah dibawa ke rumah sakit.

Atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Presiden Jokowi tampak murka.

Maka dari itu, Presiden Jokowi meminta semua aktivitas sepakbola di Indonesia diberhentikan.

"Saya menyampaikan duka cinta yang mendalam atas meninggalnya 129 orang, saudara-saudara kita dalam tragedi sepakbola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur," kata Jokowi dalam keterangan pers virtualnya pada Minggu 2 Oktober 2022 yang ditayangkan di Kompas TV.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan atas tragedi Kanjuruhan ini, pihaknya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi para korban yang dirawat.

"Dan juga telah perintahkan kepada Menpora, Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola," kata Jokowi.

"Dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya. Khusus kepada Kapolri saya minta lakukan investigasi, dan mengusut tuntas kasus ini," tegas Jokowi.

Baca juga: 129 Orang Tewas, Peraturan FIFA Tidak Gunakan Gas Air Mata Dilanggar di Stadion Kanjuruhan Malang

Pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Sabtu (1/10/2022) berlangsung panas.
Pertandingan antara Arema FC dan Persebaya FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) diwarnai bentrokan antar suporter. (KOMPAS.com/Suci Rahayu)

Maka dari itu, kata Jokowi, pihaknya memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara liga 1 sampai evaluasi perbaikan prosedur pengamananan dilakukan.

"Saya menyesalkan tragedi ini dan saya berharap ini tragedi terakhir sepakbola di tanah air, jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang," ucap Jokowi.

"Sportifitas, rasa kemanusiaan dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama," pungkas Jokowi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved