Berita Jatim

NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, Demokrat Jatim Menyambut Positif: Selamat

DPD Partai Demokrat Jatim memastikan partainya menghormati langkah NasDem yang telah memutuskan nama Anies Baswedan untuk diusung di Pilpres 2024

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak dalam kesempatan acara di Surabaya pada 27 Mei 2022. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPD Partai Demokrat Jatim memastikan partainya menghormati langkah NasDem yang telah memutuskan nama Anies Baswedan untuk diusung di Pilpres 2024.

Diketahui, Demokrat selama ini intens penjajakan koalisi dengan Partai NasDem dan PKS.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan dalam konteks koalisi Pilpres pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP Partai. Namun, dia mengutip pernyataan DPP bahwa menghormati langkah NasDem.

"Jadi, saya mengutip apa posisi dari Partai Demokrat, (yakni) menyampaikan selamat atas apa yang telah dideklarasikan oleh Partai NasDem dan juga kepada Bapak Anies Baswedan," katanya saat dikonfirmasi TribunJatim.com di Surabaya, Senin (3/10/2022).

Disamping itu, lanjut Emil, partainya juga mendoakan dideklarasikannya Anies dapat menjadi langkah untuk mewujudkan demokrasi yang baik. Wakil Gubernur Jatim itu enggan berkomentar banyak perihal arah koalisi partainya.

Ditegaskan Emil, hal tersebut merupakan kewenangan pengurus Partai Demokrat ditingkat pusat. "Itu sepenuhnya urusan DPP Partai," ungkap mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Baca juga: NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Pengamat Sebut Bisa Jadi Pemantik Deklarasi Kubu Lain

Lebih lanjut, Emil mengatakan, dalam konteks Jawa Timur komunikasi partainya dengan NasDem Jatim selama ini terjalin baik. Apalagi, sebelumnya merupakan satu gerbong pengusung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pilgub 2018.

"Tentunya, hubungan kami baik sekali. Dengan DPW NasDem Jatim sangat baik, termasuk juga dengan Bu Khofifah baik sekali tentunya," pungkas Emil.

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan partainya menghormati kemandirian dan independensi tiap parpol dalam proses pengambilan keputusan politik.

Prinsip ini disebut sejalan dengan nilai-nilai Demokrasi yang dianut oleh Partai Demokrat selama ini. "Karena itu, Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai Capres dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024," ucapnya dalam keterangan tertulis.

"Mari kita saling menghormati mekanisme dan keputusan setiap parpol, sebagai wujud komitmen kita merawat Demokrasi di Negeri ini," tambahnya.

Menurut Herzaky, terkait dengan figur Capres dan Cawapres Partai Demokrat, sudah disampaikan AHY saat rapimnas lalu. Yakni, memiliki kriteria berintegritas, kapasitas, elektabilitas, punya ‘chemistry’, dan yang paling penting memiliki semangat memperjuangkan ‘Perubahan dan Perbaikan’.

"Sejauh ini, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan yang cukup dekat," tambahnya.

Lebih lanjut, komunikasi Demokrat dengan NasDem dan PKS yang selama ini terjalin dengan sangat baik dipastikan terus berlanjut. Herzaky mengatakan, termasuk deklarasi Capres NasDem pun telah dikomunikasikan sebelumnya.

"Dalam penentuan Capres dan Cawapres, tiga partai ini memiliki kesamaan sikap untuk memperjuangkan Perubahan dan Perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini," tuntasnya.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved